Bandeng Baik Untuk Kesehatan Jantung

Editor: KRjogja/Gus

OLAHAN bahan alami dari satwa sangat beragam jenisnya. Tak hanya satwa yang hidup di darat saja, namun ada juga yang di air. Layak disyukuri pula dengan rutin mengkonsumsi olahan beberapa jenis satwa dapat menemukan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sekaligus mendukung kesehatan badan.

Pelaku jual beli ikan asal Sidomulyo Sleman, Agung K menyebutkan, beberapa jenis ikan laut sudah banyak dikupas berbagai media termasuk seputar manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan badan. Satu diantaranya jenis ikan bandeng yang cocok diolah menjadi beberapa masakan, seperti cukup digoreng, dibuat otak-otak serta sejumlah jenis olahan lain.

“Bandeng termasuk jenis ikan yang mengandung banyak gizi, antara lain protein, kalsium, zat besi, fosfor, omega-3 dan beberapa jenis vitamin,” jelasnya seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Dengan kandungan nutrisi seperti ini, sebutnya, menjadikan masakan/olahan bandeng dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner pada tubuh. Sedangkan kandungan proteinnya, diyakini bisa berperan antara lain membantu pembentukan otot, memperkuat daya tahan/imunitas tubuh, membantu proses mengikat lemak serta menambah masa otot.

Tak kalah penting, kandungan kalsiumnya antara lain bisa berperan menjaga kesehatan tulang termasuk mencegah osteoporosis dan bagus untuk mendukung kesehatan gigi terlebih pada masa kanak-kanak/pertumbuhan. Ada lagi kandungan zat besi yang bisa membantu mencegah kurang darah atau anemia (kurang darah), mengontrol produksi darah serta mempercepat penyembuhan luka. Adapun kandungan omega-3 dalam daging bandeng antara lain bagus untuk perkembangan fungsi kognitif bagi ibu hamil, dapat menjaga kesehatan janin maupun mengoptimalkan perkembangan janin selama dalam kandungan.

“Bandeng kalau diolah menjadi otak-otak, dapat dipadu dengan sejumlah sayur yang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Resep membuat otak-otak bandeng dapat diperoleh dari beberapa sumber,” tambah Agung. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI