Begini, Sejarah Tradisi Pohon Natal dan Maknanya

SETIAP merayakan Natal, umat Katholik dan Kristiani selalu memajang pohon Natal di rumahnya. Di balik keceriaan pohon tersebut ada makna yang harus Anda tahu.

Rupanya, pohon Natal merupakan simbol kehidupan kuno di tengah musim dingin. Orang Romawi menghias rumah mereka dengan cabang cemara selama Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, penduduk kuno di utara Eropa memotong pohon cemara dan menanamnya di dalam kotak, lalu disimpan di dalam rumah pada musim dingin.

Saat itu, banyak umat pada awal bermusuhan dengan praktik semacam itu. Teolog Tertullian abad kedua mengecam orang-orang Kristen yang merayakan festival musim dingin, atau mendekorasi rumah mereka dengan dahan laurel untuk menghormati kaisar.

Tetapi pada awal Abad Pertengahan, legenda tersebut berkembang ketika Kristus lahir di tengah musim dingin, setiap pohon di seluruh dunia secara ajaib menghasilkan es dan salju di tengah tunas hijau yang baru. Pada saat yang sama, misionaris Kristen yang berkhotbah kepada orang-orang Jerman dan Slavia mengambil pendekatan yang lebih lunak terhadap praktik budaya – seperti pepohonan hijau.

Mereka percaya pohon Natal melambangkan Tuhannya yang mengalami inkarnasi. Sebelum itu, juga ada simbol-simbol alam yang sebelumnya telah digunakan untuk menyembah dewa-dewa berhala. Dari situlah pohon Natal disucikan oleh anak Tuhan.

Tidak sampai Renaisans ada catatan lain yang menunjukkan sejarah pohon Natal. Pohon ini termasuk pertanda dimulainya perayaan Natal yang agung. Dimulai di Latvia pada tahun 1510 dan Strasbourg pada tahun 1521.

Legenda mengisahkan ada seorang Protestan Martin Luther yang menemukan pohon natal. Namun ceritanya hanya memiliki sedikit dasar sejarah.

Pohon Natal, bahkan menjadi simbolisasi pohon surga. Pohon Natal selalu dipajang di rumah-rumah dengan hiasannya. Kebiasaan memasang pohon Natal semakin populer sepanjang abad ke-17 dan ke-18. 

Selain pohon, orang sejak dulu sering berdiri kayu berbentuk piramida dengan tumpukan lilin. Ada juga hiasan lainnya seperti bola-bola lampu aneka warna. Ada juga kado Natal yang mempercantik sekitaran pohon yang dibungkus rapi.

Hingga kini, pohon Natal selalu dipajang dalam perayaan Natal. Ini merupakan simbol datangnya hari raya yang istimewa bagi umatnya.

Tak heran jika pohon Natal berdiri megah di beberapa pusat keramaian untuk menghormati umat yang merayakan. Dengan pohon ini ada simbol kedamaian yang membalut perayaan Natal sepanjang masa. Demikian dilansir Christianitytoday, Senin (25/12/2017).

 

BERITA REKOMENDASI