Begini, Tips Merawat Alat Masak dari Aluminum Agar Awet

SEBAGIAN besar peralatan memasak yang kita temui berbahan dasar aluminium. Tidak heran karena bahan baku ini banyak mudah didapat dan harganya sangat terjangkau. Kelemahan dari aluminium ini mudah berkarat, oleh karena itu kita wajib merawat peralatan masak tersebut agar awet dan tidak kerap membeli karena rusak. 

Untuk merawat alat masak aluminium tersebut CV SP salah satu produsen aluminium di Yogyakarta memberi sejumlah tips untuk penggunaan dan perawatan alat masak berbahan baku aluminium tersebut. Berikut tipsnya:

1. Ketika menggunakan panci atau wajan (dari bahan apa pun), pastikan api yang digunakan cukup rendah untuk mencegah api yang menjilat sehingga bisa merusak sisi-sisi panci dan wajan. Namun jika masakan yang anda buat membutuhkan panas api cukup tinggi, pastikan luas penampang bawah panic cukup besar untuk menahan api besar.
2. Jangan mencuci wajan dalam keadaan panas. Setelah memasak tunggu wajan sesaat hingga dingin baru kemudian dicuci. Bahan baku aluminium termasuk peka dengan suhu, penggunaan suhu yang tidak stabil dapat mengakhibatkan kerusakan pada permukaan wajan
3. Jangan biarkan panci dan wajan dalam keadaan kotor semalaman. Apabila terdapat sisa makanan yang lengket setelah selesai digunakan tuangkan air mendidih ke atas wajan kemudian berikan 1-2 tetes cuka, diaduk dan didiamkan sekitar 10 menit. Bilas peralatan masak dengan menggunakan spons hingga bersih.
4.Untuk menghindari makanan yang lengket, oleskan mentega tipis-tipis di permukaan wajan.
5. Perawatan secara rutin, alat mask aluminium biasanya akan menghitam dan muncul karat jika sering dipakai dalam waktu yang lama. Supaya tetap bisa dipakai dengan baik, bagian hitam dan karat ini harus secara rutin dihilangkan. 

Membersihkan bagian dalam wajan aluminium, dengan cara: rebus 1liter air bersama 1 sdt cream of tartar sekitar 10 menit atau sampai permukaan alat masak menjadi lebih cerah. Setelah itu, matikan api, buang airnya, biarkan alat masak suhunya turun, baru dibilas dengan air.

6.Untuk bagian bawah panci dan wajan, bubuhkan garam ke bagian yang hitam serta berkarat, kemudian digosok dengan jeruk lemon. Bilas dengan air jika seluruh kotoran sudah meluruh.

7. Simpan peralatan masak di tempat yang kering dan bersih. Sebelum disimpan, alat masak harus dalam keadaan kering dan bersih. Kondisi lembab dan debu dapat berpengaruh memperpendek usia alat masak, oleh karena itu pastikan tempat penyimpanan memiliki sirkulasi udara yang cukup. 

Saat ini produk CV SP tersebar di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern, tersedia berbagai macam jenis diantaranya wajan, panci, ketel dan masih banyak lagi. Selain kualitas yang bagus, harga dari produk SP juga terjangkau. (*)

BERITA REKOMENDASI