Beli Baju Baru untuk Lebaran, Sumbangkan Pakaian Bekasmu Lewat BahagiaBerbagiBaju

YOGYA, KRJOGJA.com – Membeli baju baru saat momen Lebaran menjadi tradisi turun-temurun yang sudah ada di Indonesia sejak abad ke-16. Bahkan menurut survei JakPat (Jajak Pendapat) tahun 2021, meski pandemi masih melanda, belanja baju baru masih menduduki posisi empat besar (45 persen) di antara kebutuhan lainnya.

Dengan adanya pakaian-pakaian baru, maka yang lama akan tergantikan. Jika tidak di ujung lemar terdalam, maka akan berakhir hanya menjadi onggokan dan tak sedikit berakhir di tempat sampah.

Bertepatan dengan momen Ramadan tahun ini, Reckitt Indonesia melalui Vanish, menginisiasi gerakan #BahagiaBerbagiBaju untuk mengajak masyarakat Indonesia menyumbangkan pakaian lama layak pakai bagi mereka yang membutuhkan sekaligus memperpanjang masa pakai pakaian untuk mengurangi limbah pakaian. Program ini juga sejalan dengan tujuan keberlanjutan perusahaan dalam upaya pelestarian lingkungan dalam upaya bersama-sama menciptakan dunia yang lebih bersih dan sehat.

Rahul Bibhuti, Marketing Director Reckitt Indonesia mengatakan, mengenakan pakaian terbaik merupakan bentuk sukacita dalam menyambut hari kemenangan, Idul Fitri. Namun, di masa ini, tidak sedikit di antara kita yang tidak bisa membeli baju baru untuk Lebaran.

“Kami menginisiasi gerakan #BahagiaBerbagiBaju, di mana kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk turut berbagi kebahagiaan dengan menghidupkan kembali pakaian lama layak pakai mereka dengan Vanish agar menjadi pakaian yang terlihat bersih dan pantas dikenakan untuk menyambut momen kebersamaan ini,” ungkapnya melalui pernyataan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Aghnia Punjabi, seorang influencer hijab yang juga pengusaha fashion menambahkan, di industri fashion, terdapat istilah fast fashion untuk menggambarkan bagaimana pakaian diproduksi secara cepat agar dapat terus mengikuti tren terbaru. Perilaku membeli baju Lebaran baru pun salah satunya didorong oleh tren fashion yang menampilkan desain yang berbeda setiap tahunnya.

BERITA REKOMENDASI