Body Lotion dan Body Butter Cream, Sudah Tahu Bedanya?

ADA beragam produk perawatan yang berfungsi untuk memberi kelembapan pada kulit. Selain body lotion, ada pula yang dikenal dengan body butter dan body cream.

Meski berguna untuk melembapkan kulit, sejatinya produk perawatan kulit tersebut berbeda satu sama lain, lho. Lantas, apa yang membedakan body lotion, body butter, dan body cream? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Body lotion

Jenis produk perawatan kulit satu ini adalah yang paling sering digunakan. Body lotion adalah produk pelembap kulit yang teksturnya paling cair atau encer dibanding produk lainnya. Bagi pemilik tipe kulit kering dan normal, sangat cocok untuk menggunakan body lotion. Dokter spesialis kulit dan kelamin Ruri Pamela menganjurkan agar aplikasi body lotion dilakukan dua kali dalam sehari, serta dioleskan berulang setiap empat jam sekali.

Body butter

Sesuai dengan namanya, body butter paling banyak mengandung minyak, teksturnya lebih kental, serupa margarin atau mentega. Body butter cocok dioleskan pada bagian tubuh yang sangat kering, seperti siku, lutut, dan tumit. Lazimnya kandungan dalam body butter adalah shea butter, cocoa butter, atau coconut butter dengan kandungan minyak dengan tingkat yang cukup tinggi. Produk perawatan kulit ini disarankan diaplikasikan saat malam hari.

Body cream

Body cream memiliki tekstur yang sedikit mirip dengan body butter. Namun, teksturnya lebih kental atau pekat dibandingkan body lotion, serta mengandung minyak. Body cream cocok digunakan pada bagian tubuh yang sangat kering, seperti tangan dan kaki. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit cenderung sangat kering, bisa mengaplikasikan body cream saat berada di tempat bersuhu dingin. (*)

BERITA REKOMENDASI