Covid-19 Pengaruhi Psikologi Keluarga, Ini Solusinya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, Indria Laksmi Gamayanti,di Jakarta,Rabu (21/10 2020) dala.m virtual Press Conference Peruncuran Program Share The Love mengatakan pandemi Covid 19,sangat berpengaruh terhadap psikologi keluarga. Padahal  sejak wabah tersebut melanda Indonesia membuat pemerintah terus melakukan berbagai upaya memutus mata rantai penyebaran. Namun hal itu tidak diimbangi dengan adanya kesadaran dari semua orang sehingga semakin meningkatkan rasa cemas hingga ketakutan yang berlebihan, dengan perubahan pola kehidupan dan risiko kesehatan yang tinggi.

Dia menjelaskan lingkup penyebaran kasus positif Covid-19 memang semakin mengecil (mengerucut) menyentuh tingkatan terkecil dalam masyarakat, yakni keluarga. Masyarakat pun menurutnya dihadapkan dengan tekanan kehidupan yang beragam akibat pandemi Covid-19, mulai dari ketakutan akan tertular virus, hingga dampak ekonomi, serta adanya kesulitan beradaptasi dengan pola kehidupan yang baru.

“Sehingga kadang individu banyak merasakan kesepian. Laporan sementara ada sebanyak 14.619 individu yang dilaporkan telah mengakses layanan yang diberikan psikolog klinis baik dewasa dan anak-anak yang mengaku terdampak,” sebut Indria .

BERITA REKOMENDASI