Impostor Ramai Jadi Pembicaraan, Apa Sebenarnya Makna Istilah Ini?

SLEMAN, KRJOGJA.com – Istilah impostor beberapa waktu terakhir populer dibicarakan warganet. Istilah ini muncul dari game Among Us yang banyak dimainkan oleh generasi milenial.

Impostor dalam game tersebut merupakan pemain yang bertugas menipu, mengacaukan permainan tanpa ketahuan dan membunuh karakter pemain lainnya. Lalu, apakah sebenarnya impostor syndrome ini?

Psikolog Klinis UGM, Tri Hayuning Tyas mengatakan impostor syndrome atau impostor phenomenon merupakan fenomena psikologis di mana seseorang tidak mampu menerima dan menginternalisasi keberhasilan yang ia raih. Dengan kata lain, orang yang mengalami impostor syndrome selalu mempertanyakan dirinya sendiri atas pencapaian atau prestasi yang telah diraih.

“Ia merasa kesuksesan yang berhasil diraih merupakan bentuk dari keberuntungan atau kebetulan semata, bukan karena kemampuan intelektual diri. Seseorang dengan impostor syndrome tak pernah berhenti meragukan apakah keberhasilan yang diraih merupakan cerminan dari kemampuannya dan orang tersebut memiliki ketakutan kondisinya itu diketahui orang lain dan dianggap sebagai penipu. Ada kekhawatiran ketahuan, sebab ia merasa selama ini melakukan penipuan atau berbuat curang padahal pencapaian atau prestasi itu nyata karena memang benar-benar mampu atau pintar,” ungkap Hayuning Minggu (18/10/2020).

BERITA REKOMENDASI