Inilah, Fungsi Keluarga Sesungguhnya

KELUARGA menjadi garda terdepan dalam membentuk anak berkualitas. Keluarga juga harus memastikan fungsi perlindungan terhadap anak terwujud. Peran keluarga seperti inilah yang digaungkan pada kegiatan Hari Keluarga Nasional, beberapa waktu lalu di Kupang.

Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapati mengatakan, guna menyiapkan anak Indonesia yang unggul dan berdaya saing maka perlu diciptakan inovasi-inovasi dalam program KKBPK agar orangtua dapat mengembangkan pola pikir produktif kepada dirinya sendiri dan menularkannya kepada anak-anaknya.

“Melalui program pembangunan keluarga, kita dapat menghasilkan keluarga-keluarga yang memiliki pribadi yang optimis, pribadi yang pekerja keras dan pribadi yang tidak hanya senang sebagai pengikut melainkan pribadi yang bangga sebagai pemimpin,” ungkap Kepala BKKBN, Surya Chandra dalam sambutannya pada Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan BKKBN, Rabu (3/8/2016).

Menurut Surya, Presiden RI Joko Widodo, pada Peringatan Hari Keluarga yang lalu, mengapresiasi inisiatif BKKBN yang mengedepankan keikutsertaan keluarga dengan empat konsep besar dalam Hari Keluarga Nasional tahun ini yakni “Keluarga Berkumpul”, “Keluarga Berinteraksi”, “Keluarga Berdaya” dan “Keluarga Berbagi”.

Ia juga mengingatkan, ke depannya Program KKBPK akan menghadapi tantangan yang tidak ringan khususnya dalam menghadapi SDKI Tahun 2017, di mana pencapaian beberapa indikator seperti CPR, Unmet Need dan Peserta KB MKJP belum mencapai hasil yang diharapkan.

“Maka itu kami perlu meningkatkan keterjangkauan akses dan kualitas pelayanan KB kepada seluruh masyarakat dengan menjamin ketersediaan alat dan obat kontrasepsi di faskes dan meningkatkan peran tenaga medis,” terangnya. (*)

BERITA REKOMENDASI