Kontrol Keuangan Keluarga Saat Pandemi Belum Berakhir

Dikutip dari nytime.com, Rabu (6/8/2020), berikut 4 tips bagi Anda yang tidak bisa mengontrol anggaran selama masa pandemi Covid-19

1. Batalkan tagihan barang yang tidak perlu

Triknya dengan cara menghilangkan sesuatu yang Anda tidak perlukan. Untuk mengetahuinya, coba lacak melalui kartu kredit dan laporan bank. Anda dapat menemukan tagihan yang dinilai tidak dibutuhkan dan langsung batalkan.

2. Tetapkan biaya pengeluaran per bulan

Trik sederhananya dengan menyusun kembali anggaran yang harus dikeluarkan. Jika perlu pakai aplikasi. Ada satu aplikasi yang dapat membantu menyusun pengeluaran Anda yaitu Simplifi.

Aplikasi tersebut akan membantu untuk memperkirakan pemasukkan dalam sebulan dan mengurangi pengeluaran yang diperlukan dalam sebulan.

3. Buat dana darurat

Jika Anda tidak dapat menabung untuk dana darurat, cobalah simpan persentase dari gaji dalam tabungan untuk membantu meredakan lonjakan dan penurunan pendapatan setiap tahun.

4. Simpan uang yang tidak dibelanjakan

Dengan banyak agenda yang pasti membutuhkan biaya yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19, maka Anda dapat menyimpan uang tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat menabung lebih sedikit dan mengeluarkan uang lebih sedikit dari sebelum adanya pandemi Covid-19.(*)

BERITA REKOMENDASI