Kopi Rempah Ampuh Libas Perut Kembung Hingga Batuk

Editor: KRjogja/Gus

MINUMAN kopi diyakini mempunyai nilai positif bagi kesehatan dengan catatan tak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Tak jarang, bahan baku kopi dipadu bahan lain sehingga ada sebutan beragam, misalnya kopi gingseng, jos (dipadu bara arang) dan rempah.

Seperti dilansir dari Harianmerapi.com, Khususnya kopi rempah, secara garis besar sama dengan jenis minuman kopi biasa, namun dikombinasi beberapa rempah, antara lain serai, jahe dan cengkih.

“Selain kopinya yang ikut berperan mendukung kesehatan, bahan rempah-rempahnya pun bagus untuk kesehatan,” ungkap pengelola kuliner Wedang Kebon di kawasan Sidoarum Sleman, Imam Bayu N.

Adapun rempah yang cocok dikombinasikan pada minuman kopi, misalnya serai, jahe dan cengkih. Jenis minuman kopi rempah seperti ini di tempatnya diberi nama kopi wedang kebon. Ketika dirinci satu per satu manfaat rempahnya, antara lain serai dikenal sebagai penghangat badan, memperlancar sirkulasi darah serta membantu mengatasi perut kembung.

Jika digunakan untuk membantu mempercepat sembuhnya serangan batuk, bisa juga menerapkan resep lain, yakni memanfaatkan lima batang serai, tiga jari jahe yang diiris tipis dan gula aren. Semua bahan direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal dua gelas. Lalu disaring dan diberi sedikit garam, hasilnya diminum dua kali sehari sampai keluhan batuk bisa teratasi.

“Saya sendiri rutin meminum minuman kopi maupun teh yang ditambah rempah-rempah,” papar Imam.

Bahan rempah wujud cengkih pun, lanjutnya, memiliki beberapa khasiat kesehatan, antara lain diyakini berkhasiat membantu mengatasi perut kembung. Bahkan mempunyai khasiat ikut berperan memperbaiki fungsi lambung, sehingga sistim pencernaan bisa berjalan lebih baik. Tak ketinggalan bisa diproses menjadi wujud minyak cengkih, misalnya dapat dimanfaatkan sebagai peredam sakit gigi. Caranya, cukup dengan meneteskan minyak cengkih pada kapas bersih. Selanjutnya digunakan untuk menyumbat gigi yang sakit akibat krowok atau berlubang.

“Manfaat rimpang jahe pun sudah banyak dikenal, termasuk memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar akan mampu mendukung kesehatan badan,” tandasnya. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI