‘Maskne’ Jadi Masalah Kenormalan Baru, Begini Kata Pakar Kulit

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mask acne (Maskne) atau jerawat akibat penggunakan masker menjadi masalah baru di era kenormalan baru pandemi Covid-19. Hal ini menjadi perhatian sebagian masyarakat yang tak ingin wajahnya berjerawat.

Dermatolog dari UGM, dr Fajar Wakito, Sp.KK(K)., M.Kes mengatakan mengenakan masker dalam waktu lama memang bisa memicu munculnya jerawat. Pasalnya menggunakan masker mengakibatkan trauma fisik pada permukaan kulit seperti gesekan, gosokan, serta tekanan pada kulit wajah.

“Adanya trauma fisik di permukaan kulit wajah akibat pemakaian masker bisa memicu peradangan pada kelenjar yang menjadi penyebab jerawat. Kondisi tersebut pada akhirnya membentuk lesi jerawat yang meradang di wajah. Jadi gesekan, gosokan, tekanan dan panas ditambah kondisi yang lembab menyebabkan jerawat di area kulit wajah yang tertutup atau sekitar masker,” ungkapnya pada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Fajar juga mengatakan penggunaan masker mengakibatkan panas ditambah lingkungan lembab disekitar kulit dari pernafasan yang terjadi bicara maupun keringat menjadi faktor pendukung jerawat di area wajah. Jenis masker pun menurut dia juga menjadi faktor yang bisa memicu munculnya maskne.

BERITA REKOMENDASI