Mau Lebih Dekat Dengan Anak?, Ortu Bisa Lakukan Hal Ini

MENJADI Orang tua yang baik tentu sudah menjadi impian bagi setiap orang. Mampu mengajarkan anak banyak hal, serta memberikan apa yang mereka inginkan adalah kewajiban bagi setiap orangtua.

Namun terkadang, orangtua bisa saja salah dalam merawat anaknya. Salah satunya adalah menuntut anak untuk mengikuti apa yang orangtua inginkan. Biasanya ketika sudah menjadi orangtua, Anda merasa semua keputusan yang dipilih sudah baik. Padahal itu belum tentu terbaik menurut si anak.

Menuntut anak untuk mengikuti kemauan orangtua bukanlah hal yang efektif dalam mendidik. Lalu bagaimana cara untuk menjadi orang tua yang efektif? Dilansir dari Boldsky, berikut caranya yang bisa Anda terapkan.

1. Buatlah beberapa aturan yang wajib diikuti

Aturan tidak hanya dimaksudkan untuk menunjukkan ketegasan, tetapi juga untuk memastikan anak-anak memiliki sikap yang baik saat tumbuh dewasa. Orangtua yang baik akan selalu tahu apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh anak-anaknya.

Makanya penting untuk menegakkan nilai-nilai dan etika yang harus diikuti. Hal ini akan membantu anak-anak Anda mengetahui pentingnya waktu, uang, rasa hormat, dan anggota keluarga.

2. Tetap menjadi orangtua yang fleksibel

Meminta anak untuk mengikuti aturan, tidak berarti orangtua harus berhati keras. Anda harus fleksibel agar anak lebih sadar dengan tanggung jawabnya.

Jika Anda menghukum keras ketika anak melanggar aturan, itu akan membuat mereka memiliki rasa dendam dalam dirinya. Mungkin juga akan membangkang aturan yang sudah dibuat.

Buatlah mereka sadar dengan sendirinya dengan tanggung jawabnya. Menegur secara perlahan ketika mereka melakukan kesalahan adalah hal yang tepat, demi membuatnya merasa lebih bertanggung jawab.

3. Berikan cinta dan dukungan untuk anak

Tentu saja anak sangat membutuhkan cinta dan dukungan dari orangtuanya. Memberikan pelukan hangat saat merasa sakit, hingga mengecup kening saat mereka ingin berangkat ke sekolah adalah cara kecil menunjukkan cinta untuk anak. Selain itu, tentu setiap anak memiliki minat dan bakat dalam diri mereka. Ikuti saja apa yang mereka sukai, lalu berikan dukungan sepenuh hati. Hal tersebut akan membuat anak semakin semangat dalam menggapai semua impian dalam dirinya. Tetaplah mendukung anak ketika mereka merasa gagal dalam meraih impiannya.

4. Luangkan waktu untuk berbagi cerita

Sudah pasti Anda akan lelah ketika kembali ke rumah setelah seharian bekerja. Tetapi perlu Anda pahami, anak-anak sangat ingin berbagi cerita dengan orang tuanya tentang apa yang mereka alami.

Cobalah meluangkan waktu dari semua kesibukan Anda untuk berbagi cerita dengan anak. Berkomunikasi dengan anak agar dapat membantu pembentukan moral yang lebih baik, saat mereka tumbuh dewasa.

5. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri

Orangtua tentu tidak ingin anaknya dalam kesulitan. Naluri dalam diri Anda tentu sangat ingin membantu menyelesaikan masalah mereka. Tetapi sangat penting sesekali biarkan anak-anak menyelesaikan masalahnya sendiri.

Hal tersebut mampu membantu mereka untuk lebih bertanggung jawab. Sekaligus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi segala masalah kompleks di kemudian hari.(*)

BERITA REKOMENDASI