Musim Hujan Kok Tambah Gemuk? Ini 5 Penyebabnya!

SAAT musim hujan tiba, cuaca dingin pasti tidak dapat Anda hindari. Anda pun cenderung melakukan kebiasaan buruk, seperti bermalasan-malasan dan menyantap berbagai macam makanan.

Alhasil, kebiasaan tersebut menyebabkan berat badan bertambah. Anda pun merasa kebingungan ingin segera menurunkan berat badan.

Beberapa ilmuwan juga telah mengungkapkan alasan lainnya yang dapat membuat berat badan Anda bertambah saat cuaca dingin. Dilansir Okezone dari Thehealthsite, berikut ulasan selengkapnya!

1. Hibernasi

Anda cenderung memilih untuk menghangatkan badan di tempat tidur saat cuaca sedang dingin. Hal ini menjadi salah satu penyebab berat badan dapat bertambah, karena tidak melakukan kegiatan apapun. Selain itu, Anda juga sengaja membiarkan kalori yang ada di dalam tubuh terus naik.

2. Menumpuknya hormon tidur

Dengan sedikitnya sinar matahari, kelenjar pineal cenderung memproduksi lebih banyak melatonin. Meningkatnya kadar melatonin membuat Anda merasakan mudah mengantuk dan cepat lapar. Hal ini mengakibatkan Anda sedikit bergerak dan lebih banyak makan. Perilaku tersebut dapat menyebabkan berat badan bertambah.

3. Metabolisme yang lebih baik

Saat cuaca dingin, metabolisme tubuh meningkat untuk membakar lebih banyak energi dan menjaga suhu tubuh tetap stabil. Dengan banyaknya energi yang dibakar, tubuh akan membutuhkan lebih banyak makanan. Namun, hal tersebut tidak bisa menjadi pembenaran agar dapat makan lebih banyak. Berada di tempat yang hangat bisa menjadi satu alternatif untuk menjaga suhu tubuh.

4. Menginginkan makanan yang hangat

Cuaca dingin membuat Anda menginginkan makanan yang hangat seperti daging panggang, pasta, saus krim, puding, dan anggur merah. Ini adalah respon alami tubuh yang ingin mendapatkan lebih banyak makanan untuk menghangatkan tubuh, tetapi kebiasaan itu bisa membuat Anda menimbun lebih banyak kalori.

5. Malas berolahraga

Cuaca dingin membuat Anda ingin tetap berada di rumah dan tidak melakukan kegiatan apapun, seperti berjalan-jalan atau berolahraga. Sebagai gantinya, Anda akan memilih menonton film dengan secangkir cokelat panas. Tanpa disadari, hal itu bisa membuat berat badan bertambah.

Lalu, bagaimana kalau Anda ingin menjaga berat badan dan tetap bugar saat cuaca dingin? Beberapa cara di bawah dapat Anda lakukan.

1. Hindari fad diet

Fad diet memang dapat membantu menurunkan berat badan, namun itu tidak sehat. Beralihlah ke diet sehat dan seimbang. Anda dapat menyantap kurma dan beberapa biji kenari sebagai gantinya, jika ingin mengonsumi makanan yang mengandung gula. Selain itu, Anda juga bisa membuat makanan sendiri dan menghindari makanan cepat saji.

2. Bergeraklah

Tidak dapat dipungkiri, cuaca dingin memang bisa membuat malas-malasan. Namun, jika Anda tidak dapat konsisten dengan olahraga yang dilakukan, cobalah untuk berjalan kaki selama 20 menit. Anda juga bisa bergabung dengan kelas yoga jika tetap ingin berolahraga di dalam ruangan.

3. Kurangi asupan alkohol

Alkohol mengandung 145 kalori. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikannya saat mengonsumsi alkohol. Alkohol dapat meningkatkan kadar insulin dan membuat Anda merasa lapar serta menginginkan makanan padat kalori.

4. Makan banyak sayuran

Pilihlah makanan yang padat gizi. Isilah sebagian besar piring Anda dengan berbagai macam sayuran dan sisanya dapat menambahkan protein dan karbohidrat. Anda juga harus memastikan diri agar tidak dehidrasi.

 

 

BERITA REKOMENDASI