Pandemi Belum Berakhir, Kemen PPPA Ingatkan Protokol Kesehatan Keluarga

JAKARTA, KRJOGJA.com – Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia hingga Desember 2020 masih terus menunjukkan adanya trend peningkatan, termasuk dalam klaster keluarga. Hal ini menuntut keprihatian sekaligus kewaspadaan kita semua, mengingat peran strategis keluarga sebagai salah satu garda terdepan dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid 19. Ini juga kembali menguatkan posisi perempuan sebagai manajer keluarga dalam upaya mencegah dan memutus rantai penyebarannya.

“Trend peningkatan penyebaran Covid-19 di klaster keluarga harus kembali menjadi perhatian kita bersama dan semua pihak. Protokol Kesehatan Keluarga yang telah disusun dan dirilis beberapa waktu lalu harus kembali dimassifkan oleh semua pihak kepada seluruh masyarakat. Berbagai upaya yang yang telah dilakukan selama ini, jangan sampai kendor dan terhenti. Masyarakat harus terus diingatkan untuk tetap mematuhi dan menjalankan semua protokol kesehatan keluarga,” ujar Juru Bicara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Ratna Susianawati.

Melihat kondisi tersebut, Kemen PPPA kembali mengundang berbagai pihak yang selama ini terlibat aktif dalam upaya menyosialisasikan protokol kesehatan keluarga untuk menyampaikan hal dan langkah tindak yang telah dilakukan selama ini. Pertemuan ini sekaligus menjadi forum untuk mengevaluasi kembali seberapa efektif masyarakat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip mendasar yang ada di dalam protokol kesehatan keluarga. Pertemuan yang dihadiri berbagai organisasi kemasyarakatan ini juga mengingatkan kembali komitmen dan kerja-kerja nyata bersama dalam mendorong keterlibatan perempuan, keluarga, dan organisasi/lembaga masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI