Perempuan, Kekuatan Bangsa Putus Mata Rantai Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga di dalam Dialog Upaya Memutus Mata Rantai Covid-19 dengan tema “Peran Ibu dalam Protokol Kesehatan Keluarga” yang dilaksanakan secara virtual menuturkan bahwa perempuan menjadi salah satu kekuatan penting bagi bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 .

Menurut Menteri Bintang saat pandemi, kaum perempuan menanggung banyak peran yaitu sebagai manajer dalam rumah tangga untuk memastikan keluarga tetap sehat dan terpenuhi kebutuhannya, membantu perekonomian keluarga, mendampingi anak belajar di rumah, hingga menjadi garda terdepan tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 yang mayoritas merupakan perempuan.

“Survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020 menunjukkan bahwa responden perempuan memiliki tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan lebih tinggi dibandingkan responden laki-laki. Dengan begitu, berbagai upaya dan kebijakan berperspektif gender dalam menghadapi Covid-19 sangat dibutuhkan,” ungkap Menteri Bintang Puspayoga .

Menteri Bintang menyampaikan bahwa penyebaran Covid-19 di Indonesia masih belum mengalami penurunan. Pada 13 Januari 2021, terdapat 858.043 kasus konfirmasi Covid-19 dengan kasus aktif 129.628. Dari jumlah kasus konfirmasi, sebesar 50,1% merupakan jumlah perempuan positif dan 11,6% merupakan anak-anak. Yang memprihatinkan, sejak September 2020, telah terjadi peningkatan tren kasus positif Covid-19 dalam kluster keluarga.

BERITA REKOMENDASI