Saat Pandemi, Bangun Ketahanan Keluarga dengan Berbagi Peran

KETAHANAN KELUARGA tidak bisa disepelekan dalam menekan dampak akibat pandemi Covid-19. Orangtua pun dituntut saling berbagi peran dalam pengasuhan anak selama berada di rumah. Mulai peran dalam pengasuhan, menjadi guru pendamping saat belajar daring hingga sebagai rekan anak dalam bermain.

Pengurus IDI Yogyakarta Dr dr Wikan Indrarto SpA, menuturkan tingginya penularan dalam keluarga yang terjadi akhir-akhir ini harus dapat diantisipasi dengan baik agar jangan sampai menjadi klaster baru. “Ketika ada yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah, yang paling sulit itu bukan soal kesendiriannya tetapi kejenuhannya. Ini yang membutuhkan peran semua, dan anak juga harus bisa dipahamkan,” tandasnya dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Kedaulatan Rakyat di 101 Hotel, Jumat (20/11/2020). Siaran ulang FGD dapat disaksikan di channel YouTube Kedaulatan Rakyat TV tersebut.

Selama masa isolasi mandiri juga harus ada beberapa hal yang diperhatikan. Mulai tidak berbagi ruang, menggunakan alat makan sendiri serta protokol kesehatan yang umum seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya pun dapat berperan dengan membantu segala hal yang bisa dilakukan guna menumbuhkan sikap empati.

BERITA REKOMENDASI