Sayangi Anak, Ortu Harus Cermat Pilih Kegiatan di Tengah pandemi

JAKARTA, KRJOGJA com – Pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama 4 bulan, tentu saja menimbulkan kebosanan, termasuk juga pada anak karena adanya anjuran dirumah saja, terlebih anak belum bisa memilih aktivitas yang sesuai dengan kemauan atau kebutuhannya.

Untuk itu, perlu dibuatkan skema kegiatan yang bervariasi dimana kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan yang bersifat kognitif, afektif, sosial, maupun psikomotorik, yang disesuaikan dengan usia anak, hal tersebut di ungkap Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada, Dr.Aisah Indati, M.S., Psikolog dalam media daring Sabtu (11/7 2020)

Kegiatan yang bersifat kognitif bagi anak, misalnya mengingat cerita atau pengalaman yang dulu pernah dilakukan anak. Sedangkan kegiatan yang mengasah afeksi anak, misalnya menyanyi, menari, ataupun bermain peran bersama orangtuanya.

Sementara kegiatan menggambar dan mewarnai, bermain puzzle, merupakan kegiatan yang bisa memadukan unsur psikomotorik dan sosial.

Orang tua harus bisa bijak, dengan memilih jenis kegiatan yang sesuai dengan umur dan kebutuhannya, sayangi mereka dimana perhatian itu sangat dibutuhkan dimasa saat ini, tutup Indati.

BERITA REKOMENDASI