Serai Efektif obati Perut Kembung dan Asma

Editor: KRjogja/Gus

RESEP alami untuk membantu melawan serta mencegah keluhan kesehatan atau penyakit dapat dilakukan secara sederhana. Bahkan bisa diwujudkan menjadi makanan ataupun minuman, ketika rutin dikonsumsi bisa berdampak bagus bagi kesehatan.

Menurut Wachid B yang mengelola kuliner Klopo di kawasan Sleman, bahan alami wujud serai juga diyakini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Cara sederhana memanfaatkannya pun cukup beragam, seperti dibuat minuman maupun dipadukan pada makanan/masakan.

“Bagian bawah batang serai dicuci bersih dulu, lalu digeprek. Ketika dicampurkan pada minuman maupun masakan akan memberi aroma khas tersendiri dan memberi manfaat kesehatan,” jelas Wachid.

Dengan tambahan serai diyakini mampu membantu menghangatkan badan serta memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah lancar diharapkan bisa membantu mencegah maupun melawan penyakit, apalagi yang sifatnya penyakit ringan. Jenis keluhan kesehatan seperti perut kembung, asma dan batuk diharapkan bisa dicegah maupun diredam.

Jika dibuat menjadi ramuan alami untuk meredam asma, misalnya menggunakan tiga batang serai. Masih ditambah lima gram adas, satu jari kayu manis, 30 gram daun pegagan segar dan gula aren secukupnya. Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc. Setelah tinggal 200 cc segera disaring. Sebaiknya diminum dalam keadaan masih hangat.

“Ketika terserang batuk ataupun merasa dingin seperti pada musim penghujan, bisa dibantu mengatasinya dengan rutin minum teh serai dipadu jahe,” tambahnya.

Caranya, lima batang serai segar, dipadu tiga jari jahe yang diiris tipis-tipis dan gula aren. Semua bahan direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal dua gelas. Selanjutnya disaring dan diberi sedikit garam lalu diminum dua kali sehari selama tiga hari. Selain itu beberapa perusahaan telah mampu mengolah serai menjadi minyak sereh. Khasiat jenis minyak ini untuk kesehatan juga banyak.

Adanya tambahan daun jeruk purut pun mampu menambah kesegaran masakan, aroma serta bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain bisa membantu meredam badan lelah setelah bekerja maupun letih sehabis sakit. Selain dicampurkan pada masakan, bisa juga merebus daun jeruk purut secukupnya dalam tiga liter air sampai mendidih. Ramuan alami ini dituangkan ke dalam satu ember air, dalam keadaan hangat digunakan untuk mandi. Adapun ciri daun jeruk purut, antara lain tangkai daun sebagian melebar menyerupai anak daun. Helaian anak daun berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal membundar, ujung tumpul sampai meruncing. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI