Terlalu Kencang Ikat Rambut Bikin Rambut Rontok?

RAMBUT adalah salah satu aset tubuh yang sangat vital. Bahkan bagi wanita, rambut merupakan mahkota. Tak heran jika kesehatan dan penampilan rambut menjadi hal yang harus diperhatikan. Salah satu permasalahan pada rambut yang sering terjadi ialah rambut rontok.

Rambut rontok adalah masalah umum bagi wanita dan pria. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan sejumlah alasan. Pada wanita, salah satu penyebab rambut rontok dapat dipengaruhi oleh kehamilan dan pascamelahirkan. Faktor lain, kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh stres atau depresi karena kondisi tertentu.

Namun, ada pula kebiasaan sehari-hari yang tentunya juga memengaruhi kondisi rambut. Dilansir dari Express (02/01/2018), berikut di bawah ini merupakan kebiasaan yang tanpa disadari dapat menjadi pemicu kerusakan rambut.

Mengikat rambut dengan kencang

Kebiasaan menguncir rambut dengan kencang bisa menyebabkan rambut menjadi gampang rontok. Hal tersebut dikemukakan oleh penata rambut Edward James. “Bila rambut diikat kencang dan dilakukan secara terus-menerus, maka akan membuat rambut rontok dan pecah. Ini menyebabkan rambut menjadi tegang,” jelasnya.

James mengatakan bila mengikat rambut dengan kencang dilakukan secara sementara, maka kerusakan rambut masih bisa diperbaiki. Namun, jika berulang kali, maka kerusakan bisa menjadi permanen.

Ia juga menyarankan untuk menghindari mengikat rambut saat sedang habis dicuci sebelum tidur. “rambut sangat rapuh saat lembap dan jika kemudian digosokkan ke bantal maka bisa menyebabkan kerusakan lebih parah lagi.

Menggunnakan sampo yang bahan-bahannya keras

Produk rambut tertentu bisa jadi menyebabkan kerontokan pada rambut. Hal tersebut dikarenakan adanya bahan-bahan berbahaya yang bersifat keras pada produk tersebut. James menjelaskan salah satu penyebab paling umum adalah adanya zat sodium lauryl sulfat (SLS).

“SLS membuat sampo memiliki banyak busa. SLS merupakan zat kimia yang memiliki efek pengupasan rambut minyak alami dan memecah protein. Hal ini malah menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, kering, yang mendorong berpotensinya rambut rontok.”

James juga mengatakan ada beberapa produk sampo yang zat wewangiannya tidak berasal dari minyak esensial. Hal itu justru akan membuat iritasi pada kulit kepala. Ia pun merekomendasikan agar memilih produk sampo yang mengandung bahan alami dengan tingkat pH rendah.

Jarang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Makanan yang mengandung zat besi dan mineral akan membuat rambut tetap sehat dan kuat, tentunya terhindar dari rambut rontok. Zat besi dapat ditemui oleh makanan seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, atau sayuran berdaun hijau.  (*)

BERITA REKOMENDASI