1 dari 10 Orang di Dunia Kini Terinfeksi Virus Corona COVID-19

WHO dan para ahli lainnya mengatakan bahwa virus, yang diyakini telah muncul di pasar makanan di kota Wuhan di China tengah akhir tahun lalu, berasal dari hewan.

WHO telah menyerahkan daftar ahli untuk ambil bagian dalam misi internasional ke China untuk menyelidiki asal usulnya, untuk dipertimbangkan oleh otoritas China, kata Ryan tanpa memberikan rincian.

Asisten Menteri Kesehatan AS Brett Giroir mengatakan bahwa 194 negara anggota WHO harus menerima “pembaruan rutin dan tepat waktu, termasuk kerangka acuan untuk panel ini atau untuk misi lapangan apa pun, sehingga kita semua dapat terlibat dengan proses dan yakin akan hal itu.”

Jerman, berbicara mewakili UE, mengatakan misi ahli harus segera dikerahkan, dengan Australia juga mendukung penyelidikan cepat.

Sementara itu, Alexandra Dronova, wakil menteri kesehatan Rusia, menyerukan evaluasi dampak hukum dan keuangan dari administrasi Trump yang mengumumkan penarikan AS dari WHO Juli mendatang.

Amerika Serikat tidak akan membayar sekitar US $ 80 juta yang menjadi utangnya kepada WHO dan sebaliknya akan mengarahkan kembali uang tersebut untuk membantu membayar tagihan PBB di New York, kata seorang pejabat AS pada 2 September.(*)

BERITA REKOMENDASI