3 Manfaat Membaca di Malam Hari untuk Otak

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, anak-anak dan remaja sekarang lebih memilih untuk bermain video game, bermain media sosial, menonton film atau acara TV. Sudah jarang ditemukan mereka yang hobi atau menyukai membaca. Memang minat baca di Indonesia ini masih rendah, padahal banyak sekali lho manfaat dari membaca.

Ya, mungkin kita sering mendengar manfaat membaca. Tapi perlu diketahui, bahwa membaca di malam hari mempunyai lebih banyak manfaat. Apa saja ya? Dilansir dari Step To Health, Senin (24/12/2018), berikut beberapa manfaat membaca di malam hari yang baik untuk otak kita.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa dengan membaca di malam hari, itu akan memudahkan dan memahami konsep-konsep yang Anda pelajari. Ya, itu memang benar, mengapa? Hal itu karena otak bekerja lebih keras pada malam hari dan membuat semua energi dapat difokuskan sehingga orang akan lebih berkonsentrasi pada malam hari.

Manfaat lain dari membaca di malam hari adalah membantu otak Anda sedikit berolahraga untuk mempertahankan fungsinya. Hal itu sama seperti ketika kita berolahraga untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dan fleksibel.

Ketika Anda membaca sebelum tidur, otak akan bekerja dan itu melatih otak. Dengan melatih otak, hal ini bermanfaat untuk mempunyai ingatan yang lebih baik dan dapat mengingat dengan lebih cepat.

Tentunya ini membantu Anda agar dapat merespons lebih cepat ketika Anda sedang rapat atau sedang ada kegiatan lainnya. Selain itu, membaca di malam hari juga akan meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan imajinasi Anda sehingga itu membuat anda menjadi orang yang kreatif.

Manfaat terakhir membaca di malam hari, yakni dapat membantu Anda mencegah penyakit tertentu. Salah satunya bisa sangat membantu Anda terhindar dari penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah kondisi penyakit yang berpengaruh pada penurunan fungsi otak, seperti kurangnya kemampuan daya ingat dan kurangnya kemampuan berpikir dan berbicara.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan membaca itu akan melatih otak dan meningkatkan ingatan, hal itulah yang memungkinan Anda terhindar dari penyakit ini.

 

BERITA REKOMENDASI