3 Rumah Sakit Pilihan di Penang untuk Pengobatan Kanker

PENANG merupakan salah satu tujuan wisata medis utama bagi para pasien asal Indonesia.

“Setiap tahun jumlah pasien Indonesia yang berobat ke Penang bisa mencapai ratusan ribu orang.” kata Andri, Bisnis Development Medisata.

“Dan dari sekian banyaknya jumlah pasien tersebut, pengobatan penyakit kanker menjadi alasan utama berobat ke Penang.” ungkapnya lebih lanjut.  

Menurut Medisata, perusahaan penyedia layanan wisata medis ke luar negeri terbesar di Indonesia, ada tiga rumah sakit di Penang yang sering menjadi rujukan para pasien asal Indonesia untuk menjalani pengobatan penyakit kanker yakni Gleneagles Penang, Mount Miriam Cancer Hospital, dan Island Hospital.

Berikut informasi tentang tiga rumah sakit tersebut.

  • RS Gleneagles Penang

Rumah sakit ini sudah beroperasi selama lebih dari empat puluh tahun dan merupakan salah satu RS terbaik di Penang. RS Gleneagles Penang adalah satu dari hanya dua RS di Penang yang memiliki sertifikasi JCI (Joint Commission International) dari Amerika. Sertifikasi JCI ini merupakan bentuk pengakuan dunia internasional untuk kualitas pelayanan medis dan keselamatan pasien.

RS Gleneagles Penang memilki lebih dari 70 dokter dari berbagai bidang spesialisasi yang hampir semuanya bisa berbahasa Indonesia/Melayu. Lokasinya yang berada di pusat kota membuat RS ini mudah dijangkau dan dekat dengan tempat penginapan serta kuliner.

Di RS Gleneagles Penang ada dua orang dokter spesialis yang terkenal untuk penanganan penyakit kanker yaitu Dr. Adel Zaatar dan dr. M. Amir Shah. Dr. Zataar merupakan salah satu dokter spesialis onkologi senior di Malaysia. Dokter lulusan Mesir dan Inggris ini telah memiliki pengalaman empat puluh tahun di bidang Radiasi/Onkologi Medis dan bidang pengelolaan tumor payudara, paru-paru, saluran pencernaan, saluran kemih, nasofaring, kepala serta leher. 

Sedangkan Dr. Amir Shah adalah seorang dokter spesialis lulusan Inggris dan Irlandia. Dokter Amir Shah dapat memberikan pelayanan berupa terapi radiasi seperti: IMRT, IGRT, SRT, SRS dan Brachytherapy. Dokter Amir Shah terkenal di kalangan pasien sebagai dokter yang memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dengan pasien. 

  • Mount Miriam Cancer Hospital

Mount Miriam Cancer Hospital merupakan RS non profit dengan spesialisasi di bidang penyakit kanker yang terkenal dengan kualitas pelayanannya dan biaya berobatnya yang relatif terjangkau.

Sebelum menjadi rumah sakit, Mount Miriam ini dulunya adalah panti jompo untuk para lansia yang menderita penyakit kanker. Saat ini Mount Miriam telah berkembang menjadi salah satu rumah sakit kanker terbaik di Malaysia yang dilengkapi dengan peralatan medis berteknologi modern seperti CyberKnife dan TomoTherapy.

Mount Miriam Cancer Hospital didukung 150 tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis dan asisten medis. Tim dokter di rumah sakit ini terkenal ramah dan dokter-dokter yang populer di kalangan pasien antara lain dr. Ho, dr. Fabian, dr. Doris, dan dr. Rakesh. 

Dr. Ho adalah dokter spesialis lulusan Inggris dengan sub-spesialisasi di bidang pengobatan penyakit kanker kepala dan leher. Dr. Fabian merupakan dokter dengan sub-spesialisasi di bidang pengobatan kanker paru-paru, ginekologi dan prostat.

Dr. Doris adalah Dokter Spesialis Onkologi lulusan Inggris yang memiliki sub-spesialisasi dalam bidang penanganan kasus neuro-onkologi khususnya penggunaan radioturgic stereotactic untuk mengobati tumor sistem saraf pusat jinak dan ganas. Sedangkan Dr. Rakesh adalah dokter spesialis lulusan India yang memiliki sub-spesialisasi di bidang pengobatan kanker serviks dan kanker ginekologi lainnya dengan menggunakan metode Brachytherapy.

  • Island Hospital

Berdiri sejak tahun 1996, rumah sakit ini berlokasi di pusat kota Georgetown yang merupakan ibukota negara bagian Penang.

Island Hospital didukung lebih dari 50 dokter spesialis senior dari berbagai bidang yang hampir semuanya bisa memahami Bahasa Indonesia/Melayu karena sering melayani pasien asal Indonesia.

Rumah sakit ini memiliki spesialisasi di bidang jantung, kanker, saraf, ortopedi, THT, mata, pencernaan, penyakit anak, bedah, dan penyakit dalam. Island Hospital memang baru belakangan ini berfokus pada penanganan penyakit kanker.

Salah satu dokter spesialis onkologi di rumah sakit ini yakni Dr. Cheah merupakan dokter yang sangat populer dan banyak dikunjungi pasien karena terkenal dengan penggunaan teknik imunotherapy. Dr. Cheah mendapatkan pelatihan di bidang onkologi klinis di Texas Medical Centre yang merupakan pusat penelitian dan pengobatan penyakit kanker terkenal di Houston, Amerika Serikat.

Andri juga menjelaskan bahwa rumah sakit mana yang menjadi pilihan pasien tergantung kepada masing-masing pihak. “Hal paling penting yang perlu menjadi perhatian pasien adalah sebelum berangkat pasien wajib untuk membuat appointment atau janji temu dengan dokter dulu di BerobatKePenang.com. Hal ini penting untuk memastikan pasien bisa bertemu dengan dokter ketika sudah berada di Penang.” katanya.  

“Jangan sampai pasien mengalami kejadian tidak bisa bertemu dengan dokter karena tidak membuat janji dulu sebelumnya dan jadwal dokter sudah penuh selama beberapa waktu ke depan. Akan sangat merugikan bagi pasien jika sudah menghabiskan biaya transportasi dan akomodasi untuk sampai ke Penang tetapi tidak bisa berobat. Jadi bagi yang berkepentingan, segera hubungi BerobatKePenang.com dan buat appointment Anda.” terang Andri menegaskan.  (*)

BERITA REKOMENDASI