4 Makanan Ini Bantu Cegah Depresi

DEPRESI adalah gangguan kesehatan mental yang serius, dan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa nutrisi dan depresi sering dikaitkan.

Dilansir dari Boldsky pada Sabtu (8/2/2020), nutrisi dapat memainkan peran utama dalam mengurangi keparahan dan durasi depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam lemak omega 3, vitamin B, folat, kalsium, kromium, yodium, besi, selenium, dan nutrisi seng dapat menurunkan kejadian depresi dan penyakit mental lainnya.

Oleh karena itu buatlah beberapa perubahan dalam diet Anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini untuk membantu mencegah depresi, yang akan membantu mengangkat suasana hati Anda secara cepat.

1. Ikan

Ikan adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik yang memainkan peran penting dalam berfungsinya otak. Dalam suatu studi yang telah diterbitkan dalam buku Journal of Epidemiology and Community Health, disebutkan bahwa telah makan ikan dapat mengurangi risiko depresi.

2. Telur

Telur mengandung nutrisi seng, vitamin D, dan vitamin B yang dapat membantu mengatasi depresi. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dan nutrisi seng berkaitan dengan depresi.

3. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt dan tempe adalah sumber probiotik yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan membantu melawan depresi. Probiotik bertanggung jawab untuk memproduksi neurotransmitter yang baik, selain menjaga bakteri usus yang sehat.

4. Coklat hitam

Menurut para peneliti, mengonsumsi cokelat hitam memiliki efek positif pada suasana hati Anda serta meringankan gejala depresi. Hal ini disebabkan oleh bahan psikoaktif dan phenylethylamine, neuromodulator pada cokelat yang menyebabkan perasaan euforia dan serta mengatur suasana hati lebih tenang.

BERITA REKOMENDASI