4 Manfaat Kopi Gula Aren bagi Tubuh

Anak muda zaman sekarang pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman kopi gula aren. Selain memang rasanya yang lezat, kopi gula aren juga punya banyak manfaat bagi tubuh.

Hal ini karena gula aren mengandung banyak nutrisi, apa saja? Ada zinc, zat besi, serat, magnesium, lemak, kalium, kalori hingga indeks glikemik.

Tekanan darah atau hipertensi merupakan kondisi berbahaya yang menyerang tanpa adanya gejala. Misalnya, stroke, kerusakan ginjal, dan penyakit jantung.

Untuk menghindari tekanan darah tinggi, disarankan mengonsumsi makanan bergizi seperti gula aren. Gula aren diklaim dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun tak dianjurkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak.

Bagus untuk tulang

Seperti diketahui, gula aren mengandung kalium yang baik untuk tulang. Ada studi menjabarkan, dengan asupan kalium yang cukup setiap hari, tulang akan menjadi padat. Tulang yang kaya akan mineral dan kadar kalsium, terhindar dari penyakit osteoporosis.

Menjaga kadar gula darah

Gula aren merupakan jenis gula yang memiliki indeks glikemil yang terbilang rendah dibandingkan jenis gula lainnya. Saat mengonsumsi gula aren, kadar gula darah tidak akan meningkat dengan cepat.

Efek ini baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darah tetap stabil namun tak terlalu dianjurkan.

Menurunkan risiko penyakit batu ginjal

Berdasarkan penelitian, kekurangan kalium dapat meningkatnya risiko batu ginjal. Terkait hal itu, sebaiknya mengonsumsi gula aren karena dapat memberikan sumber nutrisi kalium bagi tubuh.

BERITA REKOMENDASI