4 Olahraga Ringan Ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

Kamu kehilangan waktu olahraga saat puasa? Ya, memang ketika berolahraga kita akan kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi, sehingga banyak yang memilih tidak berolahraga saat puasa.

Sebenarnya olahraga pun tetap dianjurkan untuk menjaga imunitas tubuh. Melansir dari Healthline, Chelsea Amengual, ahli Pemrograman Kebugaran & Nutrisi mengatakan ketika puasa glikogen atau karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis, sehingga kamu dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya.

Namun sejatinya kamu tetap bisa berolahraga dengan mempertimbangkan waktu berolahraga dan intensitas olahraga saat berpuasa harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lalu, olahraga apa saja sih yang bisa dilakukan saat puasa?

1. Jalan Santai

Jalan santai merupakan pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan. Jalan santai baik untuk kesehatan jantung dan tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas terlalu lama.

2. Jogging

Jogging merupakan lari-lari ringan. Olahraga ini tak membuatmu kehabisan energi, jadi tetap bisa dilakukan saat berpuasa.

3. Bersepeda

Bersepeda juga salah satu olahraga ringan dan menyenangkan. Bersepeda mampu mengencangkan otot serta menyehatkan jantung. Sama seperti jalan santai, kamu bisa melakukannya di sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

4. Latihan Beban

Kedengerannya latihan beban cukup berat ya. Tapi sebenarnya kamu bisa memilih bebas yang lebih ringan dari biasanya. Lakukan gerakan secara perlahan saat mengangkat beban mencegah otot-otot tidak kram. Untuk olahraga ini, kamu tak perlu terlalu lama melakukannya. Sebentar saja tapi sudah terasa berkeringat. Namun jika kamu merasa ragu melakukan olahraga ini, kamu bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

BERITA REKOMENDASI