5 Cara Cegah Berat Badan Naik Seiring Usia

KENAIKAN berat badan seolah tidak bisa dicegah seiring bertambahnya usia. Terlebih, rutinitas yang super sibuk membuat seseorang selalu beralasan tidak sempat berolahraga.

Padahal, berat badan yang bertambah dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama obesitas. Penyakit jantung, stroke, diabetes dan berbagai jenis kanker menjadikan obesitas sebagai faktor risiko utama mereka.

Karenanya, Anda perlu mencegah berat badan yang terus bertambah. Pendiri VLCC, Vandana Luthra memberikan beberapa tips yang menakjubkan untuk mencegah berat badan terus bertambah:

Tidak melewatkan sarapan

Sarapan setiap hari, karena ini adalah waktu makan yang paling penting. Sarapan membuat seseorang lebih berenergi dan mencegah makan berlebihan. Sehingga, secara tidak langsung sarapan yang sehat akan mencegah berat badan bertambah.

Diet sehat

Selain itu, mengonsumsi makanan yang rendah gula dan kadar lemak. Hal ini penting untuk mendapatkan diet seimbang dengan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Rajin berolahraga

Berolahraga setiap hari minimal 30 menit, karena membantu mengurangi lemak tubuh. Berolahraga mengurangi lemak di sekitar pinggang dan lemak tubuh total yang akan memperlambat perkembangan obesitas. Selain itu, cara ini juga akan melindungi Anda dari penyakit kronis yang berhubungan dengan obesitas, seperti diabetes dan penyakit jantung, serta hipertensi.

Cukup tidur setiap hari

Waktu tidur yang tidak teratur dapat memicu kenaikan berat badan. Orang kurang tidur juga terlalu lelah untuk berolahraga, sehingga mengurangi kalori yang terbakar.

Berkonsultasi

Jangan pernah takut untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jika mengalami kelebihan berat badan. Karena, dokter akan memberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan sesuai kemampuan Anda dan dengan cara yang sehat. Dikutip dari Zeenews, Sabtu (10/12/2016). (*)

 

BERITA REKOMENDASI