5 Cara Mudah Atasi Gusi Berdarah

KEBANYAKAN makan camilan Lebaran seperti keripik, rengginang, biskuit, dan sebagainya bisa saja membuat gusi Anda berdarah. Gangguan ini sulit dikontrol karena terjadi tiba-tiba.

Gusi berdarah sebenarnya bisa dideteksi dengan tanda-tanda gusi memar dan memerah. Namun jarang orang yang menyadari karena dikira tidak terjadi masalah di rongga mulut. Biasanya terjadinya masalah gusi awalnya karena gigi terlalu sensitif. Tapi banyak juga faktor lain yang jarang diketahui.

Mulut yang tidak higienis dapat menjadi rumah bagi berbagai bakteri. Akibatnya, dapat timbul penumpukan plak di garis gusi Anda. Akumulasi plak tersebut juga menyebabkan radang gusi. Akhirnya gusi tak terhindar dari masalah perdarahan.

Jika mengalami gusi berdarah mendadak, Anda bisa mengatasinya sendiri. Dilansir NDTV, berikut adalah beberapa cara yang Anda lakukan tanpa harus melakukan metode yang rumit.

1. Perbanyak asupan vitamin C

Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin K di dalam tubuh juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Nantinya mengarah pada infeksi gusi yang menyakitkan. Karena itu, Anda harus memperbanyak asupan makanan yang mengandung dua vitamin tersebut, seperti jeruk, strawberry, sayuran hijau, jambu biji, dan sebagainya.

2. Menjaga kebersihan mulut

Setiap orang wajib menjaga kebersihan mulut kapan saja. Sebab, kebersihan rongga mulut paling menentukan kondisi kesehatan Anda. Kalau tidak, dalam jangka panjang risiko dari penyakit gusi bisa memicu serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

3. Hindari merokok

Kebiasaan merokok juga bisa merusak kesehatan rongga mulut. Rokok mengandung nikotin berbahaya dan tar yang 'jahat' bagi gusi. Tak pelak jika Anda seorang perokok aktif mudah mengalami penyakit tersebut. Untuk mengurangi risikonya, coba niat untuk berhenti merokok, dan pelan-pelan mencari cara lain.

4. Hindari penggunaan mouthwash berlebihan

Mouthwash tidak semuanya bagus untuk kesehatan rongga mulut. Kalau Anda terlalu sering menggunakan mouthwash, terutama lebih dari dua kali sehari bisa mengikis enamel gigi. Jika terus dibiarkan, masalah tersebut bisa mengarah ke perdarahan gusi yang menyakitkan.

5. Hindari makanan bertekstur keras

Saat Lebaran orang sulit terhindar dari camilan keripik, rengginang, kerupuk dan sebagainya. Padahal makanan tersebut bisa memicu gusi berdarah, tapi sulit dicegah. Di samping itu, camilan kering yang bertekstur keras juga bisa melukai gusi tanpa disadari. (*) 

BERITA REKOMENDASI