5 Makanan Ini Bisa Bikin Susah Buang Air Besar!

SEMBELIT atau susah buang iar besar pasti pernah dialami seseorang. Atau Anda bisa mengalaminya terlalu sering karena salah makan.

Konstipasi adalah masalah pencernaan yang menyebabkan gerakan usus sulit membuang kototan. Menurut survei baru-baru ini, 22% populasi orang dewasa di beberapa negara menderita sembelit.

Jika Anda mengalami konstipasi, rasanya perur jadi mulas dan kram. Anda juga sering buang gas dan sulit mengeluarkan tinja. Rasanya begitu menyakitkan dan tubuh jadi berkeringat, karena menahan buang air besar.

Daripada mengeluh sembelit, lebih baik hindari beberapa makanan yang membuat Anda sakit. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Jumat (6/4/2018).

Pisang yang belum matang

Pisang makanan sehat yang kaya serat dan kalium. Tapi kalau Anda mengonsumsi pisang yang belum matang bisa meningkatkan risiko sembekit. Pada buah pisang yang kulitnya hijau dan buahnya keras, mengandung pati yang membahayakan usus. Karena itu, perhatikan tingkat kematangannya sebelum makan pisang.

Makanan cepat saji

Bagi sebagian orang, makanan cepat saji tampaknya menjadi satu-satunya makanan terlezat di dunia. Tapi tunggu dulu, jika dimakan terlalu sering, Anda bisa kena sembelit. Ayam goreng, kentang goreng, burger mengandung garam dan lemak tinggi dengan tidak ada serat. Karena itu, jangan terlalu sering makan hidangan cepat saji yang justru berbahaya.

Daging merah

Aneka daging termasuk daging babi, daging sapi, dan domba kaya zat besi. Tapi kalau dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan sembelit. Daging sangat lama dicerna oleh usus. Apalagi kalau Anda makan daging mentah, yang perlu diperhatikan yakni bahaya parasit di dalamnya, yang memicu infeksi usus.

Tepung terigu

Makanan olahan yang dibuat dari tepung terigu rentan memicu sembelit pada sebagian orang. Karena tepung terigu hanya mengandung karbohidrat yang lama dicerna oleh usus. Maka itu, hati-hati jika ingin makan kue atau olahan apapun dari tepung terigu. Sebab, dampaknya lama dicerna dan bikin Anda sulit buang air besar.

Nasi putih

Terlalu banyak makan nasi putih juga bikin sembelit. Apalagi kalau makan tanpa lauk yang mengandung serat. Nasi putih juga mengandung dedak yang menimbulkan kuman. Maka tak heran jika Anda makan nasi putih dari beras yang tidak bersih bikin perut mulas. (*)

BAB

BERITA REKOMENDASI