5 Manfaat di Balik Lezatnya Mangga

SAJIAN makanan dan minuman segar yang dibuat dari mangga kini sedang tren di Indonesia. Di balik itu, tahukah Anda khasiat mangga bagi kesehatan?

Rupanya, mangga telah menjadi bagian dari makanan selama lebih dari 4.000 tahun. Pohon mangga tumbuh di daerah tropis dan menghasilkan buah yang bergizi dan sehat.

Mangga yang segar rendah kalori dan mengandung nutrisi bermanfaat. Mangga buah sepanjang tahun yang menjadi salah satu pilihan makanan sehat.

Anda harus tahu daftar nutrisi mangga yang dibutuhkan oleh tubuh. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Livestrong, Selasa (5/12/2017).

Cegah penyakit kardiovaskular

Satu buah mangga kaya akan serat sekira 2,6 gram. Mengingat, serat membantu melancarkan pencernaan yang tepat dan mencegah sembelit.

Serat makanan juga memiliki manfaat yang jauh lebih luas. Diet tinggi serat dapat mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan penyakit divertikular.

Institute of Medicine merekomendasikan agar wanita mengonsumsi serat minimal 25 gram sehari. Sementara pria mengonsumsi setidaknya 38 gram. Satu porsi mangga bisa mencukupi kebutuhan harian serat.

Dukung kesehatan mata dan tulang

Mangga kaya akan vitamin A yang sehat. Anda memerlukan cukup banyak vitamin A dari makanan untuk mendukung kesehatan mata dan pertumbuhan tulang yang tepat. Satu buah mangga mengandung sekira 35% vitamin A yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari untuk mendukung kesehatan.

Cegah keguguran dan bayi lahir cacat

Folat atau asam folat, serta vitamin B penting untuk menjaga kesehatan ibu yang hamil. Nutrisi ini dapat membantu mencegah cacat lahir termasuk spina bifida dan sumbing langit-langit mulut. Kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan keguguran.

Obat anemia

Asam folat dalam mangga bisa digunakan untuk mengobati anemia megaloblastik. Gangguan ini terjadi bila sel darah merah lebih besar dari biasanya. Anda membutuhkan 400 mcg folat setiap hari, sementara satu porsi mangga menyediakan kandungan asam folat yang tinggi.

Kaya nutrisi

Satu cangkir mangga segar memasok nutrisi lain juga. Salah satu yang paling penting adalah vitamin C, dengan 60 mg per porsi. Wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C sehari dan pria membutuhkan sekitar 90 mg.

Mangga mengandung potasium tinggi, dan satu porsi memiliki 277 mg. Mangga juga mengandung sejumlah kecil kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Seporsi mangga juga menyediakan jumlah tembaga, selenium, mangan dan seng. Menambahkan mangga ke makanan Anda dapat membantu meningkatkan asupan semua nutrisi penting ini. (*)

 

BERITA REKOMENDASI