5 Tanaman Herbal Ini Bisa Bantu Kesehatan Penderita HIV

SESEORANG yang menderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) membutuhkan perhatian yang lebih untuk kesehatan tubuhnya. Sebab, virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang.

Semakin lama, virus ini dapat melemahkan pertahanan diri Anda terhadap infeksi oportunistik. Karena itu, selain melakukan diet yang sehat, penting untuk menjaga kekebalan tubuh dengan tanaman herbal atau obat-obatan alami.

Lalu tanaman apa saja yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang? Simak ulasannya seperti dilansir dari Thehealthsite, Jumat (1/12/2017):

Lidah buaya
Anda mungkin sudah sering mendengar nama tanaman herbal yang satu ini. Ya, lidah buaya memang memiliki banyak khasiat. Baik dalam bidang kecantikan maupun kesehatan. Lidah buaya atau kumari adalah ramuan antiinflamasi dan memiliki efek penyembuhan pada sistem kekebalan tubuh dari orang yang terinfeksi HIV. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, lidah buaya harus dikonsumsi secara teratur.

Bawang putih
Bawang putih juga merupakan tanaman herbal yang sangat mudah dijumpai, terutama di dapur. Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih disebut immunomodulator yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Bawang putih memiliki senyawa allicin yang berkhasiat sebagai antimikroba dan antiviral.Orang-orang yang didiagnosis dengan HIV dapat mengonsumsi seluruh siung bawang putih setiap harinya. Mereka juga bisa menggunakan suplemen bawang putih untuk menambah sistem kekebalan tubuh.

Kunyit
Sama seperti halnya bawang putih, kunyit juga mudah dijumpai di dapur. Kunyit memiliki pigmen kuning yang memiliki antioksidan, anti-inflamasi, anti kanker, dan antimikroba yang disebut curcumin. Senyawa ini memiliki khasiat untuk menghambat HIV berkembang menjadi AIDS. Anda bisa mengombinasikan kunyit dengan lada untuk hasil yang lebih baik.

Shatavari
Shatavari disebut juga asparagus India. Ini merupakan ramuan ampuh yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki fungsinya dengan merangsang sel kekebalan tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, ramuan ini akan membantu tubuh orang yang terinfeksi HIV untuk menangkal infeksi eksternal.

Gooseberry
Tumbuhan yang satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Buah yang bergizi ini baik dikonsumsi untuk memperkuat kekebalan tubuh bagi orang-orang dengan HIV. (*)

 

BERITA REKOMENDASI