50 Bahan Ini Bisa Gantikan MSG

KETIKA membuat makanan dengan cita rasa gurih, orang mengandalkan bumbu monosodium glutamat (MSG). Padahal Anda bisa mengandalkan 50 bahan utama yang lebih sehat dari itu.

Pada dasarnya, lidah manusia beruntung bisa merasakan lima rasa dasar makanan. Salah satunya yakni rasa gurih di lidah yang begitu nikmat.

Daripada menggunakan MSG, akan lebih baik Anda mengandalkan sayuran hijau, rumput laut, aneka jamur, truffle, rempah, bawang-bawangan dan lainnya. Biasanya rasa gurih atau umami didapatkan dari kaldu alami.

Ahli Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor Prof Purwiyatno Hariyadi mengatakan, jika lidah kita ingin mendapat rasa umami yang berbeda, bisa diperoleh dari sayuran, tulang dan daging sapi, ayam dan ikan, udang kupas, gurita, cumi, tiram, kombu laut, bonito kering, sarden kecil kering, dan masih banyak lainnya.

"Tak perlu menambahkan MSG saat membuat kaldu. Jika ada campuran rasa yang kompleks dari berbagai makanan yang mengandung asam amino, pasti bisa menciptakan kaldu gurih," ujar Prof Pur saat Media Gathering Ajinomoto di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Kamis (29/3/2018).

Ada juga bahan sayuran termasuk brokoli, sawi putih, kacang, wortel, jagung, kentang, daun bawang, seledri, tomat, asparagus, miso, tauco, keju, santan kelapa, terasi, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, di Indonesia cita rasa kaldu hampir sama dengan Jepang dan China. Dari kedua negara tersebut, masakannya kuat sekali menggunakan bumbu-bumbu penyedap.

Kualitas cita rasa yang enak memang membuat nafsu makan yang enak. Karena tidak bergantung pada MSG, maka asupan gizi tetap cukup.

"Peran cita rasa sangat penting karena kalau nafsu makan besar, makan jadi enak dan energi tercukupi," tambahnya.

Kalau tubuh mendapatkan asupan gizi baik, pasti kesehatan terdukung. Makan pun jadi nikmat dan tambah sehat kalau tidak MSG. (*)

MSG

BERITA REKOMENDASI