6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Gaya hidup yang tidak sehat, kurang minum air putih, banyak minuman alkohol, banyak minum soda adalah di antara sekian banyak gaya hidup yang dapat merusak ginjal Anda. Padahal fungsi ginjal perlu dirawat dengan baik supaya badan sehat.

Apalagi penyakit ginjal sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan sampai membuat pasiennya cuci darah terus. Makanya kita harus menjaga fungs ginjal tetap baik.

Berikut langkah-langkah guna mencegah penyakit ginjal yang dikutip dari Boldsky, yang perlu Anda lakukan.

1. Minum air putih yang banyak

Asupan air putih jadi faktor penting yang menentukan kesehatan ginjal Anda. Lebih banyak minum air putih meningkatkan aliran darah yang baik dan ekskresi produk limbah yang lebih baik. Selain itu, minum banyak air putih akan membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengakumulasi faktor pemindahan batu.

2. Diet seimbang

Lebih banyak mengonsumsi makanan yang tidak akan memicu penyakit ginjal, terutama batu ginjal. Bahan aditif dan penambah rasa dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal Anda. Jadi, fokuskan pada makanan sehat yang tidak membahayakan ginjal Anda.

3. Olahraga rutin

Aliran darah yang baik penting untuk normalnya fungsi ginjal. Melakukan beberapa latihan ringan, seperti kardio juga akan membantu memperbaiki aliran darah tubuh secara keseluruhan. Ini akan membantu kelancaran fungsi ginjal serta mengelola obesitas.

4. Cek gula darah rutin

Orang gemuk berada pada risiko tinggi menderita diabetes, hal ini berlaku sama terhadap penyakit ginjal. Diabetes secara langsung dapat memengaruhi fungsi ginjal yang dikenal sebagai nefropati diabetik. Jadi, cek gula darah secara rutin, pastikan sudah aman.

5. Cek tekanan darah

Peningkatan tekanan darah adalah musuh terbesar ginjal Anda. Akan lebih besar risikonya terkena penyakit ginjal jika Anda memiliki tekanan darah tinggi bersama diabetes, kolesterol tinggi atau penyakit kardiovaskular lainnya.

6. Cek kesehatan rutin

Dianjurkan untuk melakukan tes fungsi ginjal rutin, minimal satu kali dalam setahun. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan ginjal Anda.

BERITA REKOMENDASI