6 Komplikasi Diabetes yang Tidak Disadari

DIABETES adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah manusia. Sedangkan, sebagian besar dari tubuh manusia memiliki pembuluh darah. Mulai dari kepala sampai telapak kaki.

Terkait dengan penyakit tersebut, 1 dari 12 orang di dunia ternyata mengidap diabetes. Kemudian, 1 dari 2 orang faktanya tidak mengetahui dirinya memiliki risiko dari penyakit yang berbahaya tersebut. Karena itu, dalam 7 detik, terdapat korban jiwa karena diabetes.

Pencegahan menjadi solusi yang bisa ditawarkan ahli medis apapun. Setiap orang pun akhirnya harus lebih aware dengan penyakit tersebut. Mulai menjalani hidup yang sehat tentunya bisa menurunkan risiko tersebut. Sebab, nila seseorang sudah terkena diabetes, komplikasi penyakit tersebut pun bisa menyerang semua bagian tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam JEC @ Kedoya, dr Muhammad Ikhsan Mokoagow menjelaskan, karena diabetes menyerang pembuluh darah, berarti seluruh tubuh berisiko tinggi terganggu. Sampai saat ini, dia menjelaskan, bagian tubuh yang terdeteksi terserang komplikasi diabetes ada enam bagian.

’’Kemungkinan terkena ke semua bagian itu ada. Namun, untuk masalah yang mana yang duluan diserang diabetes, itu tidak ada yang bisa mendeteksi,’’ paparnya pada Okezone, belum lama ini.

Nah, 6 bagian tubuh yang menjadi komplikasi diabetes, antara lain:

1. Otak

Bila pembuluh darah di bagian ini terganggu diabetes, masalah yang biasanya terjadi adalah stroke. Posisi stroke pun tidak ada yang bisa prediksi. Bisa saja di wajah, mulut, atau bagian tubuh lainnya.

2. Jantung

Pembuluh darah di jantung bila tersumbat akan menyebabkan serangan jantung pada pasien. Atau masalah lainnya yang biasanya terjadi adalah hipertensi.

3. Mata

Pada kasus ini, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui. Padahal, serangan diabetes di mata bisa memengaruhi kesehatan pembuluh darah di organ tubuh lainnya.

4. Ginjal

Masalah gagal ginjal juga bisa disebabkan karena diabetes. Di masyarakat, masih banyak penderita diabetes yang ogah mengonsumsi obat. Alasannya adalah agar menjaga ginjal tetap sehat. Padahal, ketika Anda tidak mengonsumsi obat, ginjal menjadi organ tubuh yang paling diserang.

5. Syaraf.

Bila diabetes sudah menyerang syaraf, bahaya yang bisa terjadi adalah lumpuh. Sebab, pembuluh darah di syaraf akan menggangu sistem sensorik yang tubuh butuhkan untuk bergerak.

6. Kaki

Ini juga cukup mengkhawatirkan. Sebab, kebanyakan dari penderita diabetes tidak merasakan nyeri ketika ada benda tajam yang menggores kulit dan dagingnya. Itu juga yang membuat luka di tubuh penderita diabetes tidak mudah sembuh. Yang paling menakutkan adalah munculnya lubang di telapak kaki akibat kapalan ke dalam yang terjadi akibat diabetes. (*)

BERITA REKOMENDASI