8 Cara Ini Hindarkan Kamu dari Ancaman Stroke

PERLU diketahui penderita stroke dari tahun ke tahun semakin meningkat sehingga dibutuhkan peningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit satu ini. Stroke tidak boleh disepelekan sebab stroke bisa menyebabkan kualitas hidup penderitanya menjadi menurun dan mengalami kecacatan, tidak hanya itu saja stroke juga dapat menyebabkan kematian.

Kematian ini dapat disebabkan oleh penderita stroke akut yang mengalami komplikasi. Dan berbagai masalah kesehatan yang dibarengi dengan penyakit jantung dan kelainan di batang otak yang dapat menghentikan pernafasan.

Melansir health.harvard.edu, Kamis (01/03/2018) Anda tidak dapat membalikkan tahun atau mengubah riwayat keluarga, namun ada banyak faktor risiko stroke lainnya yang dapat dikontrol.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah stroke:

Olahraga

Bukan suatu rahasia lagi jika olahraga dapat digunakan sebagai pencegahan berbagai macam penyakit dan pola hidup sehat. Olahraga seperti aerobik dipercaya mampu menghindarkan dari penyakit stroke. Melakukannya pun harus rutin selama 30 menit per harinya.

Hindari merokok dan asapnya

Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh menjadi sumber penyakit dikarenakan asap itu dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, jika pembuluh darah menyempit maka asupan darah dan oksigen tidak bisa sampai ke otak. Tidak hanya itu saja rokok juga dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah sehingga bisa beresiko pembuluh darah mengalami pecah. Langkah tepat cegah stroke adalah menghindari rokok dan juga asapnya.

Hindari Alkohol

Alkohol juga menjadi pemicu penyakit stroke, dikarenakan di dalam alkohol terdapat gula dan juga kalori yang tinggi oleh sebab itu ada baiknya anda menghindari alkohol dan menciptakan hidup sehat. Orang yang suka mengkonsumsi alkohol dia akan menumpuk kalori di dalam tubuhnya sehingga dia akan terkena obesitas.Obesitas inilah yang nantinya bisa menyebabkan dia terkena stroke.

Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan salah satu penyebab stroke. Makanan ini banyak terdapat pada jeroan, daging, kulit ayam dan masih banyak lagi lainnya. Terlalu banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah dan oksigen tidak bisa berjalan dengan lancar.

Makan makanan Rendah Kalori

Anda harus memperhatikan berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh karena orang yang memiliki banyak kalori di dalam tubuhnya beresiko terkena obesitas. Jika tubuh sudah obesitas berbagai macam penyakit pun bisa datang menghampiri salah satunya stroke.

Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor penyebab penyumbatan pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko stroke pada pria dan wanita.

Jangan emosi

Orang yang sering emosi akan mengalami sakit – sakitan karena saat emosi beberapa kondisi tubuh akan muncul misalnya jantung menjadi berdebar lebih cepat, ulu hati nyeri dan otot di kepala mengalami penegangan.

Tersenyum

Tersenyum adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stroke, alasannya adalah ketika tersenyum otot kepala menjadi tidak tegang. Otot kepala yang tidak tegang membuatnya lebih rileks. (*)

BERITA REKOMENDASI