8 Manfaat Air Lemon Hangat jika Diminum Setiap Hari

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Buah yang sejenis jeruk ini dikatakan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan.

Lemon adalah salah satu buah yang paling sehat, terutama air lemon dianggap memiliki efek yang baik bagi kesehatan Anda. Banyak minum segelas air hangat dengan beberapa tetes lemon dan madu saat perut masih kosong di pagi hari akan membakar lemak berlebih di tubuh Anda.

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon mempunyai sifat antibakteri dan antivirus yang kuat, sedangkan air dapat membersihkan tubuh dari semua racun dan membuatnya tetap terhidrasi. Dilansir dari Boldsky, Rabu, (08/01/2020), berikut cara membuat air lemon dan manfaat luar biasa.

1. Membantu menurunkan berat badan

Minum air lemon dengan campuran madu membantu mengurangi berat badan Anda. Ini menciptakan kondisi basa di perut sehingga menurunkan berat badan Anda lebih cepat. Kandungan pektin yang tinggi dalam lemon memberi efek perut kenyang serta mengurangi keinginan untuk makan dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Memperlancar pencernaan

Buah jeruk memiliki komponen yang membantu hati untuk memproduksi empedu dalam jumlah yang memadai untuk memperlancar pencernaan. Ini juga membantu sistem pencernaan untuk mendetoksifikasi tubuh. Air lemon juga membantu menyembuhkan sembelit dan diare. Minumlah segelas air lemon setiap hari untuk menghilangkan masalah terkait pencernaan.

 Air lemon

3. Mengontrol tekanan darah

Tingkat tekanan darah tinggi dapat dikelola melalui konsumsi air lemon. Kandungan kalium yang tinggi dalam lemon membantu Anda tidur nyenyak di malam hari dan mengurangi stres sehingga tekanan darah Anda dalam kisaran normal.

4. Meningkatkan kekebalan

Salah satu manfaat kesehatan utama dari buah jeruk, terutama lemon adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Buah jeruk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Lemon juga memungkinkan tubuh menyerap zat besi yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Detoksifikasi

Air lemon membantu membersihkan sistem limfatik Anda. Air lemon, bila dikombinasikan dengan air hangat bertindak sebagai detoksifikasi dan membantu membuang racun yang terkumpul dalam sistem limfatik. Hal tersebut, membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh Anda dan juga membantu hati Anda membuang racun berbahaya dari tubuh.

6. Menambah energi

Lemon dan air panas adalah gudang antioksidan yang membantu mengatasi kelelahan. Memberi Anda dorongan energi karena nutrisi yang terkandung dalam lemon bertanggung jawab atas sifat ini. Lemon membantu menghidrasi tubuh Anda dan memasok oksigen yang membantu Anda merasa berenergi dan segar.

 BPJS

7. Mengurangi peradangan

Minum air lemon dapat membantu menetralkan kadar asam dalam tubuh Anda. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, itu adalah efek alkalisasi dari buah jeruk yang bisa menetralkan asam lambung, yang dapat mengurangi refluks asam dan peradangan yang terjadi.

8. Mengelola batu ginjal

Minum air lemon setiap hari telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan ginjal Anda karena air lemon memiliki potensi untuk mencegah pembentukan batu ginjal karena minum konsentrat air lemon yang dilarutkan dalam air setiap hari dapat membantu meningkatkan sitrat urine dan kemungkinan mengurangi risiko batu ginjal.

 

 

BERITA REKOMENDASI