Abbott Panbio Antigen Nasal, Solusi Kenyamanan Rapid Test Antigen

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com– Lebih dari akurasinya yang tinggi, proses pengambilan sampel sekresi dengan Abbott Panbio antigen nasal tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Proses usap hidung untuk mengumpulkan spesimen tidak berlangsung invansif karena pengambilan sampel hanya dilakukan sedalam 2 cm dari permukaan lubang hidung.

Nugraheni, pegawai pada sebuah lembaga independen pengawas persaingan usaha mengungkapkan tentang jadwal dinas keluar kota minimal sekali sebulan dan sesuai aturan pemerintah harus selalu menunjukan surat keterangan hasil negative rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

“Waktu awal-awal sih suka agak cemas, tapi lama-lama jadi biasa. Tapi yang kadang-kadang bikin males, karena skill petugas yang menangani beda-beda. Ada yang lembut jadi tidak terasa sakit, tapi banyak juga yang nyolokinnya ‘sadis’ sampai keluar air mata. Ada juga yang nyoloknya secukupnya sehingga terasa lebih nyaman,” kisahnya tentang proses rapid test antigen yang sering ia alami yang diterima di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Kisah Nugraheni tak jauh beda denga Dwi dan Mayra juga mengaku proses rapid test antigen sering menjadi momok tersendiri karena ketidaknyamanan yang mereka rasakan. “Makanya, kalau ada alternatif rapid test yang lebih nyaman, saya mau juga,” timpal Mayra, pegawai Ditjen Migas yang hampir tiap minggu melakukan perjalanan dinas keluar kota.

Metode swab antigen bertujuan untuk mencari/mendeteksi adanya protein dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Selain mengungkapkan bila seseorang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2, rapid test antigen juga bisa digunakan sebagai tes skrining, sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan.

Sehubungan hal itu, Abbott Panbio antigen nasal adalah solusi kenyamanan rapid test antigen. Hilda, tenaga kesehatan yang menangani lab drive thru Halodoc di Tomang, Jakarta sejak Januari 2021 menjelaskan, efektivitas dan kenyamanan pasien dalam proses pengambilan sampel sekresi merupakan salah satu kelebihan metode dan teknologi dari Panbio Abbott antigen nasal.

Berbeda dengan alat lain yang proses pengambilan sampelnya sampai ke nasofaring (sampai ke pangkal tenggorokan), Abbott Panbio antigen nasal ini mudah dilakukan yaitu hanya di dinding hidung dengan kedalaman 2cm dari ujung hidung. “Sejauh ini tidak ada kata lain selain nyaman dibandingkan alat lain yang membuat pasien merasa kurang nyaman karena pengambilan sampelnya lebih dalam,” jelas Hilda. (Ful)

BERITA REKOMENDASI