Ada Kelainan Aneh di Otak Akibat Covid-19, Misterius!

DARI banyak gejala serius COVID-19, efek neurologis aneh yang dialami oleh banyak pasien mungkin termasuk kondisi medis yang paling misterius.

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (21/11/2020), hilangnya penciuman dan rasa yang tiba-tiba adalah salah satu gejala tidak biasa pertama yang dilaporkan oleh pasien COVID-19. Beberapa pasien yang didiagnosis COVID-19 juga mengalami kebingungan, delirium, pusing dan kesulitan berkonsentrasi.

Selama beberapa bulan, dokter tanpa henti berusaha memahami penyakit ini dan banyak manifestasinya yang tampaknya memengaruhi otak dengan cara yang tidak belum diketahui.

Dua ahli saraf kini telah melakukan tinjauan penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana COVID-19 dapat mengganggu pola fungsi otak normal. Mereka menggunakan EEG untuk melakukan hal tersebut

EEG adalah singkatan dari electroencephalogram, yakni mencatat aktivitas listrik di berbagai bagian otak seseorang, biasanya dengan menggunakan elektroda yang ditempatkan di kulit kepala mereka. Dalam ulasan mereka, para peneliti telah mengumpulkan data pada hampir 620 pasien positif COVID-19 dari 84 penelitian, di mana data bentuk gelombang EEG sudah tersedia untuk dianalisis.

BERITA REKOMENDASI