Akar Pule Pandak Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Editor: KRjogja/Gus

TANAMAN pule pandak layak dikelompokkan sebagai tanaman berkhasiat obat. Terutama bagian akarnya memiliki manfaat atau khasiat kesehatan secara alami dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Bagian akarnya yang sudah kering direbus dan air rebusan diminum antara lain ada yang cocok dijadikan sebagai musuh sakit tenggorokan. Tak ketinggalan juga dapat membantu meredam sakit perut, radang empedu, flu, insomnia (panas dalam), kejang dan gatal-gatal. Bahkan dapat digunakan sebagai obat penenang secara alami maupun melancarkan peredaran darah. Jika untuk luka atau koreng, yaitu menggunakan akar kering pule pandak yang digiling halus, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

Pule yang juga termasuk tanaman semak dengan tinggi sekitar satu sampai dengan 1,5 meter. Akar dari tanaman ini diyakini pula bisa membantu mengatasi lemah syahwat. Wajar jika akhirnya khasiat pule pandak setara dengan purwoceng alias sama-sama layak disebut ginseng Jawa.

Sama halnya dengan purwoceng dan pasak bumi, bagian tanaman pule pandak yang dimanfaatkan terutama akarnya. Jika akar purwoceng membentuk umbi, maka akar pule pandak hanya melingkar-lingkar seperti ular. Akar yang tertinggal di dalam tanah karena tanamannya dicabut, terbakar atau terputus oleh cangkul, akan menumbuhkan individu tanaman baru.

BERITA REKOMENDASI