Alquran Bahas Diet Seimbang Untuk Kesehatan

PROMOSI menjaga pola makan dengan nutrisi yang sehat ternyata dianjurkan oleh Allah SWT. Hal ini pun sudah diperjelas dalam Alquran.

Berbagai ayat dan teks dalam Islam mempromosikan konsumsi makanan sehat bagi umat Muslim. Allah SWT menyatakan sesuai dengan bunyi ayat dari Surat Al-Baqarah berikut ini.

Makanlah dari hal-hal baik yang telah kami sediakan untuk umatku. (Al-Baqarah:173).

Allah SWT juga mewajibkan umat Muslim untuk mengonsumsi makanan hal dan sehat. Karenanya, cara ini merupakan kunci sukses hidup sehat.

Makanlah apa yang halal dan sehat di bumi (Al-Baqarah:168).

Diet dengan gizi seimbang juga harus diterapkan manusia untuk menjaga keseimbangan bahwa Allah telah menetapkan dalam segala hal, ini dibahas dalam Alquran ketika Allah mengatakan:

Dia letakkan keseimbangan (keadilan). Agar kamu jangan merusak keseimbangan itu. (Ar-Rahman: 7-9)

Seperti kita ketahui, makan berlebihan menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda. Banyak penelitian terkait dengan kebiasaan makan yang tidak terkendali bakal mengakibatkan penyakit diabetes, penyakit pembuluh darah, stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Pencegahan ini juga sudah diterangkan dalam Surat Taha ayat 81 yang berbunyi makan dan minumlah, tapi jangan berlebihan. Demikian dilansir Muslimhealthnetwork, Selasa (16/8/2016). (*)

 

BERITA REKOMENDASI