Aman! Menkes Pastikan Kondisi Kesehatan WNI yang Dipulangkan dari Wuhan

PEMERINTAH akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan akibat mewabahnya virus corona pada hari ini, Sabtu, 1 Februari 2020.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto memastikan bahwa proses screaning dan hearing sudah dilakukan agar WNI yang dipulangkan dari sana sehat.

"Nantinya akan kita lakukan transi observasi sesuai protokol WHO," kata Terawan di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu, 1 Februari 2020

Tentu saja, lanjut dia, itu membutuhkan protokol mengobservasi yang sehat, bukan orang yang sakit. Apalagi yang terpapar virus corona.

"Kami akan terus memantau, memeriksa dengn disiplin. Saya yakin, doa dan restu seluruh bangsa Indonesia, semua ini akan kerja dengan baik. Yang menjemput sehat, yang dijemput juga sehat," ujarnya.

Sebelumnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan TNI sudah menyiapkan sarana dan prasarana berupa tempat isolasi untuk mendukung protokoler kesehatan untuk penjemputan WNI dari Hubei, China.

"Tempat isolasi yang jauh dari penduduk dan yang terbaik adalah wilayah Natuna. Natuna adalah pangkalan militer yang memiliki rumah sakit yang dikelola oleh tiga militer yakni Angkatan darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Hadi.

Rencananya, WNI yang dijemput akan turun dari pesawat dan langsung masuk ke tempat penampungan yang dapat menampung 300 orang. Tempat penampungan ini memiliki MCK dan dapur lapangan.

"Anggar ini memiliki jarak ke rumah penduduk kurang lebih 5-6 km dan ke dermaga 6 km, sehingga dari hasil penilaian memenuhi persyaratan protokoler kesehatan," ucap Hadi.

Hadi juga menyatakan TNI bakal memantau pergerakan pesawat dari China hingga kembali ke Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI