Anggur Efektif Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Editor: KRjogja/Gus

SAAT menyambangi kios buah akan menemukan jenis-jenis buah populer di masyarakat. Selain memiliki tampilan khas serta kandungan gizi cukup tinggi, sebagian jenis buah diyakini memiliki khasiat kesehatan.

Anggur termasuk salah satu buah yang diyakini mempunyai khasiat kesehatan, baik sebagai usaha mencegah maupun melawan keluhan kesehatan. Dengan rajin mengkonsumsi buah anggur secara langsung atau sudah diolah seperti menjadi jus buah, antara lain bisa berperan meredam lelah dan menjaga kekebalan tubuh. Hal ini sebagai dampak kemampuan anggur membersihkan hati/liver dan menggiatkan fungsi ginjal. Secara alami, buah anggur merupakan makanan pembentuk basa. Sifat membentuk basa dengan kandungan air berlimpah dalam anggur menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam menggelontor timbunan toksin (racun) dan lemak dalam pembuluh darah. Hal seperti ini akan ikut berperan mencegah terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

Tak kalah penting, rutin mengkonsumsi anggur akan membantu menguatkan perut, organ hati dan jantung. Bahkan ikut membantu meredam sakit di kerongkongan, dada, paru-paru, saluran kemih serta ginjal. Selain itu juga dapat membantu mengusir kelelahan serta menajamkan syaraf. Jenis buah dengan cita rasa yang khas ini juga banyak mengandung vitamin C, B6, K dan B1. Kandungan vitamin C-nya antara lain bisa membantu meningkatkan imunitas dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan B6-nya sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal. Tak kalah penting, buah anggur dipercaya sebagai musuh sembelit, sebab mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal juga sebagai pencahar.

Selain bagian buahnya, bagian daun anggur juga diyakini memiliki khasiat kesehatan, misalnya untuk melawan diare. Caranya, cukup memanfaatkan air rebusan daun anggur untuk mengatasinya. Daun yang direbus cukup beberapa helai, lama perebusan sekitar 17 menit, jika sudah dalam keadaan hangat atau dingin bisa segera diminum. Bahkan daun anggur juga bisa untuk membantu mengatasi sariawan. Resepnya, yakni cukup dengan membuat air rebusan daun tanaman anggur, lalu mengkonsumsinya sebanyak dua kali sehari. Adapun daun-daun anggur yang akan dibuat ramuan atau direbus, sebaiknya dipilih yang masih segar dan tak terlalu tua. (Yan)

BERITA REKOMENDASI