Antisipasi Corona, Berikut Saran dari Pakar UNS

SOLO, KRJOGJA.com – Mencuci tangan secara teratur salah satu antisipasi jitu untuk menghindari tertularnya virus Corana (nCov) yang kini tengah menjadi perhatian. 

"Setiap dari tempat umum seperti pasar harus cuci tangan. Begitu juga ketika masih berada di pasar mau makan juga harus cuci tangan," Dr Reviono, dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ketika menjawab pers terkait virus Corana, Senin (27/1).

Menurutnya, virus nCov pertama menular melalui saluran pernafasan, selaput lencir. Produk batuk dan bersin yang membawa virus pindah di tempat umum melalui barang yang sering dipegang. Seperti gagang pintu atau pegangan di tangga. "Karena itu harus membiasakan cuci tangan secara teratur. Ini untuk menghindari adanya kemungkinan tertempel virus."

Karena virus mampu bertahan hidup dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Namun ketika menemukan kondisi lembab akan berkembang. Jadi selain cuci tangan, untuk mengantisipasi virus harus menjaga kondisi fisik tetap bugar. "Kalau badan bugar dan sehat virus terkendali pertumbuhannya. Kemudian virus mati sendiri."

Dr Reviono, dekan FK UNS (Qomarul Hadi)

Dr Reviono yang berpengalaman menanganani pasien terinveksi flu burung menyebut virus dengan umurnya mati sendiri. Sementara dalam tubuh ada penghambat replikasi atau pembelahan virus yang bernama interferon. Kalau orang sehat produksinya cukup sehingga mampu mengendalikan pertumbuhan virus sampai mati.

Lain  dengan orang yang beresiko tinggi. Mereka tidak mampu bertahaan karena punya penyakit penyerta atau usia tinggi. Di Wuhan yang banyak meninggal adalah usia tua dan punya penyakit penyerta. Jadi bagi usia beresiko tinggi sementara dibatasi pergerakannya.

"Kelompok resiko tinggi harus ada perlakuan. Dibatasi pergerakannya. Bagi yang flu jangan keluar dulu," tambah dr Reviono. Apakah memakai masker juga bisa mengurangi resiko tertular virus, ia membenarkan.  Tapi masker jenis N95. Hanya saja agak terasa ampek ketika memakai. (Qom)

BERITA REKOMENDASI