Antisipasi Pikun, Cobalah 4 Cara Melatih Otak Ini

SEMAKIN tua, otak kita memang tidak lagi memiliki performa seperti saat kita muda. Banyak penelitian di bidang keterampilan kognitif menunjukkan fokus seseorang memang berhubungan dari usia dan jenis kelamin.

Sebuah studi baru Technical University of Denmark mengungkapkan bahwa fokus orang akan menyusut, karena kumpulan besar data yang tidak lagi terkelola.

Dilansir dari thehealthsite, penelitian majalah Nature Communications mengamati bahwa peningkatan masalah dalam hidup akan mempengaruhi fokus. Keinginan untuk mengalihkan perhatian ke konten baru, tidak memungkinkan untuk memusatkan perhatian pada satu hal.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengguna telepon melihat ponsel setidaknya 200 kali sehari. Ini berarti bahwa kita biasanya meliat ponsel setiap lima hingga enam menit ketika kita bangun.

Tapi jangan salah, kita bisa loh melatih otak kita untuk meningkatkan fokus. Berikut adalah beberapa strategi cerdas yang akan membantu Anda tetap fokus lama.

Tingkatkan Kesadaran

Salah satu cara yang sering digunakan untuk meningkatkan perhatian, adalah teknik perhatian. Hal ini dapat membantu otak fokus tanpa terganggu dengan gangguan eksternal, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi kita.

Berbaringlah dan buat otot-otot Anda rilesk, lalu fokus pada detak jantung. Metode ini akan membantu Anda fokus pada fungsi jantung, ke titik di mana bisa merasakan aliran darah

Anda juga bisa duduk di kursi dan berusaha tetap diam. Meskipun mungkin terasa sulit pada awalnya, Anda akan melihat bahwa Anda dapat duduk tanpa bergerak selama 15 menit. Belajar mendengarkan secara aktif.

Mampu memberikan perhatian penuh kepada seseorang yang berbicara dengan Anda, tidak hanya akan meningkatkan hubungan emosional dengan orang lain, tetapi juga akan meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus.

Menjaga Rasa Ingin Tahu Agar Tetap Hidup

Usahakan untuk tidak kehilangan rasa penasaran saat Anda bertambah usia. Anak-anak secara alami ingin tahu, tetapi sebagai orang dewasa cenderung kehilangan kualitas ini.

Selalu ingin tahu tentang segala hal di sekitar kita dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita terlepas dari aktivitasnya. Sempatkan meditasi, dan cobalah mengikuti berbagai teknik perhatian.

Temukan Gangguan Anda

Pikiran tentang hal sehari-hari, seperti apa yang harus dimasak untuk makan malam atau apa yang harus dipakai untuk pesta. Menuliskan pikiran-pikiran yang mengganggu ini juga sangat membantu.

Dengan cara itu, Anda tidak kehilangan arah pemikiran untuk tugas yang sedang dihadapi dan Anda juga tidak melupakan tindakan yang diperlukan untuk gangguan.

Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur akan meningkatkan stamina fisik dan mental. Rutinitas rutin, terutama yang perlu Anda ikuti instruksi dapat membantu meningkatkan rentang perhatian Anda.

 

BERITA REKOMENDASI