Asam Jawa Ampuh Lawan Infeksi

Editor: KRjogja/Gus

NAMA asam Jawa sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Apalagi yang tinggal di kawasan pedesaan sering menjumpai tanamannya dan secara berkala bisa berbuah. Asam Jawa pun sudah biasa digunakan dalam bidang kuliner, pembuatan jamu tradisional atau minuman kesehatan.

Warga kawasan Jalan Kaliurang Sleman, Supono termasuk sudah biasa memanfaatkan asam Jawa, baik untuk masak-memasak maupun dibuat minuman gula asam. Minuman berbahan asam ini dapat dipadu gula Jawa biasa, bahkan bisa gula aren. Minuman yang bersifat alami seperti ini diyakini bisa membantu mendukung kesehatan badan.

“Selain minuman menyehatkan dari bahan alami, di tempat kami ada juga olahan seperti ikan, ayam dan bebek. Semua mengandung nilai gizi tersendiri yang bisa mendukung kesehatan badan,” jelasnya seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Pemilik usaha kuliner Dapoer Bamboe ini pun biasa sedekah beberapa jenis minuman segar dan menyehatkan serta masakan nasi uduk dengan lauk-lauk pilihan yang menyehatkan serta halal. Terutama setiap Jumat, sedekahnya untuk dua masjid di tempat tinggalnya serta dusun tetangga. Minuman menyehatkan lain, selain berbahan asam Jawa ada pula, misalnya berbahan kopi, daun teh serta sejumlah jenis buah.

BERITA REKOMENDASI