Asam Jawa Ampuh Lawan Infeksi

Editor: KRjogja/Gus

Dengan rutin mengkonsumsi minuman berbahan asam, antara lain diyakini bisa mendukung daya tahan, kekebalan ataupun imunitas tubuh. Tak ketinggalan ikut membantu melawan beberapa keluhan kesehatan karena infeksi. Apalagi jika dikombinasi dengan kunir atau kunyit, sehingga minuman seperti ini biasa disebut kunir asam. Adapun manfaat lainnya, seperti membantu agar kadar gula darah tetap normal, musuh anemia, masalah bau badan, nyeri haid dan bisa mendukung penurunan berat badan. Tak ketinggalan bisa berperan menjaga kesehatan kulit serta sebagai anti oksidan, sehingga ikut mendukung daya tahan atau imunitas tubuh.

“Minuman kesehatan dan bersifat alami jenis gula asam, bagus juga untuk membantu menurunkan berat badan atau melawan berat badan berlebih,” bebernya.

Selain itu dapat berperan mengurangi pembengkakan, menurunkan kolesterol tinggi serta melawan masalah sistem pencernaan. Hanya saja pemilik keluhan kesehatan jenis maag perlu menghindari minuman berbahan asam Jawa. Sedangkan minuman berbahan perasan jeruk nipis antara lain dapat dijadikan sebagai ramuan alami melawan batuk. Selain itu dapat menjadi musuh radang tenggorokan, peluruh dahak, peluruh kencing serta membantu proses pencernaan. Cara lain untuk melawan batuk/ influenza, yakni menggunakan satu jeruk nipis masak yang dibelah. Setelah itu diperas dan air perasannya diseduh dengan 60 cc air panas. Masih ditambah dengan setengah sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Ramuan ini diminum dua kali sehari, masing-masing cukup dua sendok makan. Dengan izin Yang Maha Kuasa, semoga bisa segera sembuh, tanpa perlu menggunakan obat berbahan kimia. (Yan)

BERITA REKOMENDASI