Asam Lambung Serang Milenial, Yuk, Ikuti Pola Hidup Sehat

PENYAKIT tidak hanya datang kepada mereka yang berusia senja, melainkan pada semua usia, tidak terkecuali para milenial. Sayangnya, saat ini banyak milenial yang beranggapan bahwa dirinya sehat, sehingga tidak memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat.

“Pada usia muda yakni 20-40 tahun, banyak yang lupa menjaga kesehatan. Justru di usia ini kita harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup kita, agar terhindar dari penyakit-penyakit degeneratif, seperti asam lambung, diabetes, hipertensi dan lain sebagainya. Apalagi saat ini kita sedang menuju Indonesia sehat dengan menjaga bukan mengobati,” tutur dr. Tedjo Megantoro, Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospital Yogyakarta, saat bincang kesehatan bertema ‘Gaya Hidup Sehat Anak Milenial’ melalui jaringan instagram live, Selasa (25/8).

Selain usia, lingkungan juga sangat berpengaruh pada gaya hidup para milenial. “Saat ini zaman serba instan, semua orang khususnya milenial bekerja dengan menggunakan gadget, atau laptop, sehingga menjadi kurang bergerak. Padahal, aktivitas fisik atau olahraga harus dilakukan secara rutin,” imbuh dr. Tedjo.

Pola makan dan gaya hidup tidak sehat menurut dr. Tedjo, dapat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit. Asam lambung adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh para milenial.

“Penyebabnya yang pertama adalah faktor keturunan, yang kedua adalah pola makan tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi fast food, makanan bersantan, kurang makan buah dan sayur. Waktu makannya pun tidak teratur, sering telat, atau menunda-nunda makan karena banyaknya pekerjaan. Dan yang ketiga adalah kurang berolahraga,” ungkap dr. Tedjo.

BERITA REKOMENDASI