Asem Jawa Percepat Penurunan Berat Badan

Editor: Ivan Aditya

SERAT Jampi Jawi yang memuat hampir 291 macam pengobatan tradisional, dari sekitar tumbuh-tumbuhan, biji, umbi maupun daun-daunan hingga sekarang masih efektif. Bagi masyarakat Jawa masih dipercaya tamba teka lara lunga, meski banyak obat keluaran pabrik, namun naluri bahwa alam adalah sumber pengobatan yang tidak akan ada habisnya. Tinggal kita sebagai generasi muda atau penerus nenek moyang, untuk tetap melestarikan agar Jampi Jawi tetap eksis di tengah maraknya pengobatan modern.

Asem Jawa becik digawe wedang, rasane kecut semu seger. Kejaba gawe segering badan, tetela bisa kanggo nambani saweneh lelara. Demikian salah satu cuplikan tentang manfaat asem Jawa, yang pohonnya banyak tumbuh di sekitar kita secara alami maupun dibudidayakan. Buah asem Jawa umumnya dijadikan bumbu dalam sebuah masakan, sehingga bisa memberikan rasa asam bercampur manis.

Di sisi lain ternyata asem Jawa bisa juga dibuat minuman, atau lebih dikenal wedang asem

bisa diminum pagi hari atau sore menjelang tidur. Meminum ramuan asem Jawa ternyata akan membuat sistem pencernaan akan lebih kuat, yakni merangsang aktivitas empedu yang melarutkan makanan dengan mempercepat pencernaan.

Asem Jawa juga mengandung kalium dalam asam yang dapat mengontrol tekanan darah, detak jantung mampu menyeimbangkan cairan normal dalam tubuh. Disamping itu asem Jawa juga mengandung zat besi, membantu pengembangan sel darah merah yang akhirnya menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

Asem Jawa juga ternyata memiliki salah satu senyawa dinamakan hidroksisitrat, dan ini terhubung dengan hal penurunan berat badan karena menghambat enzim dalam tubuh. Untuk itu bagi yang merasakan berat badan terlalu tinggi, sangat bermanfaat meminum ramuan asem Jawa atau wedang asem secara rutin. Singkatnya, asem Jawa mampu mempercepat proses penurunan berat badan.

Karena kaya akan sumber vitamin C serta antioksidan lain yang mampu meningkat kan kekebalan tubuh, serta menghambat pertumbuhan inveksi mikroba dan jamur sehingga mampu menyembuhkan segala infeksi. Sedangkan kandungan vitamin A, dengan mengonsumsi Asem Jawa bisa menjaga kesehatan mata, mencegah katarak karena faktor usia.

Kandungan asam membuat asem Jawa bisa dijadikan obat pencuci perut, sehingga bisa juga berfungsi menghilangkan rasa nyeri, peluruh keringat dan sebagai obat urus-urus. Adapun cara membuat ramuan asem Jawa atau wedang asem, ambil beberapa buah asem yang sudah masak biasanya warnanya kehitam-hitaman, dicuci yang bersih kemudian dimasukkan kedalam air secukupnya. Seterusnya air direbus sampai mendidih atau umeb, bisa tambahkan gula aren, gula Jawa atau gula batu secukupnya. Air rebusan asem Jawa atau wedang asem bisa diminum dalam kondisi hangat-hangat, pagi atau sore hari. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI