Asupan Makan Ini Penting Sebelum Berolahraga

MENJAGA kesehatan tubuh memang bisa dilakukan dengan berolahraga. Tapi, hanya dengan berolahraga saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain olahraga, kita juga harus mengonsumsi makanan yang tepat, sehingga mendapatkan nutrisi yang tepat. Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi menjelaskan nutrisi sebelum, saat dan olahraga perlu diperhatikan.

“Kenapa nutrisi untuk latihan dan olahraga penting? Karena untuk menjaga ketersediaan energi, memaksimalkan performa olahraga, meningkatkan kualitas penyembuhan,” kata Rendy saat acara Nutriclass.

Nutrisi sebelum olahraga bermanfaat untuk mempersiapkan tenaga dan cairan tubuh, agar dapat digunakan secara optimal saat olahraga. Nutrisi yang wajib dikonsumsi berupa karbohidrat yang berfungsi mengisi cadangan tenaga dalam bentuk glikogen. Sementara itu, waktu sebelum mengonsumsi dapat menentukan jenis karbohidrat.

“2-4 jam bisa makan makanan lengkap, roti lapis, nasi merah, dada ayam dan sayur. 1-2 jam kudapan ringan bisa menjadi pilihan, buah yogurt, smoothie, oatmeal dengan buah. Kurang 1 jam, sport drink atau sport bar,” kata Rendy.

Saat olahraga, terutama untuk waktu yang lama dan intens berguna untuk menjaga kadar gula darah dan elektrolit agar olahraga dapat tetap dilakukan. Dalam hal ini, Rendy menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat yang cepat dicerna, antara lain carbo gel, pisang, energy bar, sport drink dan air.

BERITA REKOMENDASI