Atasi Sakit Gigi dengan Getah Kamboja

Editor: KRjogja/Gus

ANEKA jenis tanaman yang rutin memunculkan bunga dengan kualitas bagus sering dijadikan sebagai tanaman hias. Salah satunya, yakni tanaman kamboja. Karakter tanaman ini, antara lain memiliki tampilan warna serta bentuk bunga yang khas. Sehingga dapat juga sebagai penyemarak suatu taman, misalnya di kompleks tempat tinggal, lokasi kuliner, hotel maupun perkantoran.

“Jenis atau varietas kamboja juga cukup beragam, misalnya ada kamboja Bali. Sedangkan yang tak tumbuh membesar, tapi mempunyai keindahan pada bonggol dan bunganya sering disebut kamboja Jepang,” ungkap penggemar tanaman hias dan obat asal Sleman, Aris P.

Tak kalah penting, lanjutnya, kamboja yang mempunyai nama ilmiah ‘plumeria’ sudah ada yang merasakan manfaat atau khasiat kesehatannya. Bahkan bisa disebarluaskan secara tertulis maupun lisan. Wajar juga, selain bisa dijadikan tanaman hias, dapat dikategorikan sebagai tanaman obat alami. Antara lain dengan memanfaatkan bagian bunga, getah serta daun dari tanaman kamboja.

“Bagian getah dari tanaman kamboja antara lain bisa menjadi musuh sakit gigi,” jelasnya seperti dilansir dari harianmerapi.com.

Adapun resep yang bisa digunakan untuk membantu meredam atau melawan rasa sakit pada gigi berlubang, yakni bisa menggunakan beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas. Selanjutnya kapas tersebut diletakkan pada gigi yang sakit. Tetapi perlu diusahakan jangan sampai mengenai gigi yang tidak sakit. Dosisnya satu sampai dua kali sehari. Namun, pengobatan dengan getah ini hanya bersifat sementara saja, dan belum tentu bisa menyembuhkan secara tuntas.

BERITA REKOMENDASI