Awar-awar Ampuh Atasi Gatal-gatal

Editor: KRjogja/Gus

KETIKA kulit terserang gatal-gatal dan ingin mengatasinya secara alami, salah satu ikhtiarnya yaitu menggunakan daun awar-awar. Tanaman awar-awar mempunyai tampilan cukup khas dan cukup mudah ditemukan hidup liar di kawasan pedesaan.

Adapun sejumlah nama lain tanaman ini, antara lain sirih popar (Minahasa), ki ciyat (Sunda) dan bar-abar (Madura). Bagian yang berkhasiat obat alami terutama pada bagian daun, getah dan akar tanamannya. Ketika akan dimanfaatkan untuk membantu mengatasi serangan gatal-gatal, yakni cukup memanfaatkan lima gram daun awar-awar.Bahan ini sudah dicuci bersih lalu diasapi sampai menjadi layu. Ketika sudah layu dapat ditumbuk hingga halus.

Ramuan alami ini akan menjadi berbentuk pasta, selanjutnya segera dioleskan pada kulit yang terserang gatal-gatal. Bahkan bisa juga untuk melawan serangan bisul. Jika bisa diterapkan secara rutin setiap hari. Sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi dan sore atau malam hari. Dengan langkah ini diharapkan, keluhan kesehatan tersebut akan segera teratasi.

Cara serupa bisa diterapkan sebagai penangkal racun gigitan ular berbisa. Daun awar-awar yang digunakan sebaiknya tak terlalu muda maupun terlalu tua. Hanya saja cara tersebut bukan sebagai obat yang langsung cocok, sehingga ada baiknya juga segera dilarikan ke dokter yang lebih ahli menanganinya serta bisa mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.

Lain halnya bagi kaum wanita yang sedang hamil muda dan mengalami mual maupun muntah, bisa menggunakan ramuan daun dan akar awar-awar untuk membantu mengatasinya. Caranya, kedua bahan yang sudah dicuci bersih lalu direbus secara bersamaan. Setelah itu disaring dan hasilnya diminum. Sedangkan getah tumbuhan awar-awar cukup efektif dalam mengobati bengkak di tubuh. Caranya, tinggal menempelkan getah di bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Ketika mengalami permasalahan sulit buang air besar, cara alaminya, yakni bisa menggunakan buah awar-awar untuk mengatasi sembelit, karena bisa digunakan sebagai obat pencahar alami dan pastinya tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

BERITA REKOMENDASI